Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengingatkan warga mewaspadai persebaran virus corona penyebab COVID-19 sub-varian Omicron BA.4 dan BA.5, yang penularannya sudah terdeteksi di Pulau Bali.

"Saya sampaikan agar kita selalu menjaga momentum kebangkitan ini dengan memastikan kewaspadaan sesuai arahan pemerintah, bagaimana varian baru ini harus kita sikapi agar pandemi tetap terkendali," katanya saat mengunjungi Denpasar, Bali, Minggu (12/6).

Sandiaga optimistis penularan COVID-19 bisa tetap terkendali jika warga disiplin menaati protokol kesehatan dan arahan pemerintah mengenai pencegahan penularan virus corona.

Sandiaga menekankan pentingnya pengendalian penularan virus corona untuk mempertahankan pertumbuhan sektor usaha pariwisata dan ekonomi kreatif yang sudah membaik.

"Harapannya 1,1 juta lapangan kerja tercipta sebagai bagian dari kepulihan ekonomi kita," ia menambahkan.

Selama melakukan kunjungan kerja di Denpasar, Sandiaga menghadiri pembukaan Pesta Kesenian Bali dan mengapresiasi upaya untuk menggelar kembali pesta kesenian tersebut setelah dua tahun pandemi.

Sebelumnya, Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan pemerintah terus memantau perkembangan varian Deltacron yang telah terdeteksi di beberapa negara di Eropa dan merupakan gabungan mutasi Delta dan Omicron.

"Ini masih dimonitor perkembangannya. Karena belum ada bukti terkait peningkatan penularan, keparahan dan lainnya," kata Siti Nadia Tarmizi menjawab pertanyaan ANTARA lewat aplikasi pesan di Jakarta, Minggu (13/3).

Sebelumnya, para ilmuwan telah mengonfirmasi keberadaan varian COVID-19 baru yang menggabungkan mutasi dari varian Omicron dan Delta dengan kasus yang dilaporkan di beberapa negara Eropa.

Varian itu, yang dijuluki "Deltacron," dikonfirmasi melalui pengurutan genom yang dilakukan para ilmuwan di IHU Mediterranee Infection di Maseille, Prancis. Varian itu telah terdeteksi di beberapa wilayah Prancis.

Baca juga: Kemenkes terus pantau perkembangan varian Deltacron
Baca juga: Kemenparekraf melatih pelaku ekonomi kreatif Bali strategi "pitching"

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022