Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva menyatakan optimistis aksi walk out yang mungkin dilakukan sejumlah pemimpin negara saat Presiden Vladimir Putin berpidato di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 tidak akan mengganggu jalannya pertemuan.

Lyudmila Vorobieva, saat menjawab pertanyaan wartawan dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu, mengatakan, Rusia tidak mempermasalahkan kemungkinan walk out itu, tetapi mempertanyakan apa tujuan sebenarnya dari aksi tersebut.

"Apakah aksi walk out itu untuk mengganggu diskusi? Apakah hal itu akan membawa kebaikan? Saya pikir aksi itu tidak akan mengganggu diskusi,” ujar dia.

Aksi semacam walk out itu dinilai justru tidak menghormati peserta yang hadir di forum internasional KTT G20, katanya.

Dia mencontohkan, aksi walk out yang pernah terjadi dalam pertemuan menteri keuangan G20 di Amerika Serikat beberapa waktu lalu.

Aksi itu, kata dia, tidak mengganggu jalannya pertemuan seperti yang sudah disampaikan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani.

Terkait rencana Perdana Menteri Australia Anthony Albanese yang akan menghadiri KTT G20, dia mengatakan kehadiran para pemimpin negara G20 merupakan hak mereka.

Setiap pemimpin negara G20 mempunyai hak untuk hadir dalam forum, kata dia.

Rencana kehadiran Albanese menunjukkan perubahan posisi Australia. Perdana menteri sebelumnya, Scott Morrison, berencana tidak hadir jika Putin turut diundang dalam KTT G20 itu, yang akan berlangsung pada November di Bali.

Indonesia sebagai presidensi G20, akan menjadi tuan rumah perhelatan besar KTT G20 pada November 2022.

Sebelumnya, Indonesia yang diwakili oleh Presiden Joko Widodo menerima presidensi G20 dan Indonesia menjadi presidensi G20 sejak 1 Desember 2021 hingga 31 Nopember 2022.

Serah terima keketuaan, atau handover, berlangsung pada KTT G20 di Roma, Italia, pada tanggal 31 Oktober 2021 dari PM Mario Draghi (Presidensi Italia) kepada Presiden Joko Widodo.
 

Baca juga: Presiden Jokowi nyatakan Rusia akan hadiri KTT G20 di Bali
Baca juga: Menlu China telepon Menlu RI, koordinasikan keberhasilan KTT G20 di Bali






Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dubes Rusia: Aksi 'walk out' tak akan ganggu jalannya KTT G20 di Bali

Pewarta: Azis Kurmala

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022