Petenis peringkat tiga dunia Alexander Zverev pada Selasa (7/6/2022) menjalani operasi untuk menangani ligamen pergelangan kaki kanannya yang sobek pada pertandingan semifinal French Open melawan peringkat lima dunia Rafael Nadal pekan lalu.

Nadal unggul 7-6(8), 6-6 saat Zverev mendapati kakinya terkilir dan berteriak kesakitan. Ia kemudian mundur dari pertandingan itu.

Petenis 25 tahun asal Jerman itu sedang mengincar gelar Grand Slam pertamanya dan berpeluang naik ke peringkat satu dunia apabila ia sukses menjalani misinya tersebut.

"Pekan depan saya akan meraih peringkat tertinggi dari karier saya sebagai ranking dua dunia, tapi pagi ini saya harus menjalani operasi," kata Zverev dalam unggahan di Instagram beserta foto diri terbaring di kasur rumah sakit.

"Menyusul pemeriksaan lebih lanjut di Jerman, kami menerima konfirmasi bahwa semua tiga ligamen lateral dari pergelangan kaki kanan saya sobek.

"Untuk kembali ke kompetisi secepat mungkin, memastikan semua ligamen sembuh dengan baik, dan mengklaim stabilitas sepenuhnya dari pergelangan kaki saya, operasi menjadi pilihan terbaik. Rehabilitasi saya mulai sekarang dan saya akan melakukan segalanya untuk kembali lebih kuat dari sebelumnya."

Saudara Zverev Mischa mengatakan kepada harian Jerman Bild bahwa Wimbledon tak akan mungkin bagi petenis 25 tahun itu di saat turnamen major lapangan rumput itu akan digelar 27 Juni hingga 10 Juli mendatang, demikian Reuters.

Sebelumnya, Alexander Zverev terpaksa mundur dari pertandingan semifinal melawan Rafael Nadal karena mengalami cedera pergelangan kaki kanan yang parah, pada Jumat (3/6/2022).

Zverev harus meninggalkan lapangan dengan kursi roda karena mengalami cedera pergelangan kakinya saat pada set kedua dengan tertinggal 7-6 (10/8), 6-6 setelah bermain selama lebih dari tiga jam.

Setelah berteriak menahan sakit, Zverev meminta pertolongan petugas medis di lapangan.

Beberapa menit kemudian, petenis berusia 25 tahun itu kembali ke lapangan dengan kruk dan mundur dari pertandingan tersebut.

Baca juga: Rafael Nadal ke final French Open setelah Zverev mundur karena cedera
Baca juga: Zverev atasi masalah konsentrasi dan capai delapan besar French Open
Baca juga: Nadal juarai French Open meskipun dengan kaki yang mati rasa



 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Zverev jalani operasi ligamen pascamundur dari French Open

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022