Bekasi (Antara Megapolitan) - PT Pan Satria Sakti selaku pengelola parkir meter di Kota Bekasi, Jawa Barat, mulai memberlakukan zona wifi gratis di area parkir.

"Pemberlakuan zona wifi gratis itu di antaranya ada di parkiran Kompleks Ruko Galaxy dan Alun-alun Kota Bekasi," kata Direktur Utama PT Pan Satria Sakti Budi Hartono di Bekasi, Selasa.

Menurut dia, wifi di lokasi itu telah disosialisasikan dengan pemasangan spanduk berukuran 4x1 meter yang terpasang di pagar Alun-alun maupun di ruas jalan.

Spanduk tersebut bertuliskan "Kawasan Gratis Wifi" dengan logo Parkir Meter, Pemkot Bekasi, dan sejumlah instansi terkait.

Untuk kawasan Galaxy, kata dia, fasilitas sambungan internet gratis itu diterapkan sepanjang Jalan Raya Taman Galaxy di sepanjang ruko.

"Sambutan para pengusaha ruko di kawasan itu sangat antusias sekali karena mereka sudah tidek perlu lagi mengalokasikan uang lagi untuk bayar langganan wifi," katanya.

Dikatakan Budi, layanan wifi tersebut sekaligus cikal bakal sistem `smart city`dari sektor parkir karena akan terintegrasi dengan sejumlah layanan lainnya seperti transaksi perbankan, pembayaran pulsa, listrik, hingga sekolah anak.

"Satu alat banyak manfaatnya. Kami masih terus kembangkan inovasi, sebab road map parkir meter ini masih sangat panjang," katanya.

Selain pemasangan jaringan wifi gratis, kata dia, pihaknya juga telah menerapkan sistem pembayaran jemput bola melalui mesin handheld.

Mesin tersebut memungkinkan pengendara tidak perlu lagi mendatangi mesin pembayaran parkir, namun cukup didatangi petugas juru parkir.

"Ada kartu yang akan digesekkan ke alat tersebut tanpa perlu pengendaranya turun," katanya.
(Adv).

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016