Polres Sukabumi Kota mengklaim pelaksanaan pemilihan kepala desa siklus II, gelombang I masa tugas 2022-2028 di 70 desa hingga pelantikan kades terpilih di Sukabumi, Jawa Barat, Jumat, (20/5) berlangsung kondusif.

"Dari hasil evaluasi pengamanan pilkades serentak pada awal Mei lalu hingga pelantikan kades terpilih pada hari ini berlangsung kondusif, tidak ada gangguan keamanan menonjol," kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY Zainal Abidin di Sukabumi, Jumat.

Di tempat sama, Kasi Humas Polres Sukabumi Kota Iptu Astuti Setyaningsih menambahkan pada hari pelantikan 70 kades terpilih ini pihaknya menerjunkan ratusan petugas dibantu personel TNI dan keamanan lainnya.

Baca juga: Kapolres Sukabumi: laporkan jika ada anggota jadi tim sukses pilkades

Selama pengambilan sumpah jabatan terhadap 70 kades terpilih di sebuah hotel, baik di dalam maupun di luar lokasi acara, tidak terjadi gangguan keamanan seperti aksi penolakan pelantikan maupun aksi lainnya.

Pihaknya pun mengapresiasi warga Kabupaten Sukabumi khususnya di 70 desa yang melaksanakan pilkades karena bisa menjaga keamanan daerahnya masing-masing dan saling menghargai meskipun berbeda pilihan.

Di tempat yang sama, Bupati Sukabumi Marwan Hamami selain mengucapkan selamat kepada para kades yang terpilih ini juga mengapresiasi pelaksanaan tahapan pilkades hingga pelantikan.

Baca juga: Pilkades serentak, Kejari Sukabumi pantau pelaksanaannya di 240 desa

Menurutnya, pelaksanaan pesta demokrasi tingkat desa ini pun mencerminkan bahwa warga sudah paham pentingnya memilih calon pemimpinnya yang dibuktikan dengan meningkatnya angka partisipasi masyarakat yang menyalurkan hak pilihnya.

Selain itu, orang nomor satu di Kabupaten Sukabumi ini mengingatkan kepada para kades yang baru saja dilantik untuk bisa menjalankan amanah warga dan membangun komunikasi yang baik dengan Pemkab Sukabumi yang bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan warga dan pembangunan desa.

Kemudian, para kades dituntut mendukung program desa digital yang dicanangkan Pemprov Jabar dalam mendorong kemajuan teknologi di desa sekaligus mampu mendukung visi Kabupaten Sukabumi yang religius, maju, inovatif menuju masyarakat sejahtera lahir dan batin.

Baca juga: Pilkades serentak, BNNK Sukabumi periksa urine ratusan calon kepala desa

"Pelaksanaan pilkades di Kabupaten Sukabumi pun menjadi sorotan bahkan dijadikan role model oleh daerah lain," katanya.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022