Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat, segera menjalani rekomendasi dari DPRD mengenai Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Bogor tahun anggaran 2021.

"Seluruh hasil rekomendasi dan catatan strategis, akan kami perhatikan serta ditindaklanjuti secara serius, bersama-sama dengan seluruh perangkat daerah, termasuk jajaran BUMD," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin di Cibinong, Bogor, Rabu.

Ia mengaku bahwa masih terdapat permasalahan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan yang perlu segera ditindaklanjuti, seperti tercermin dari rekomendasi yang disampaikan legislatif.

Baca juga: DPRD Bogor keluarkan rekomendasi terkait LKPj bupati

Burhan menyebutkan, Pemkab Bogor telah berupaya maksimal untuk mencapai sasaran Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021. Upaya itu dilakukan dengan terus meningkatkan kerja sama, koordinasi dan konsolidasi baik secara internal maupun lintas sektor dengan para pemangku kepentingan.

"Kami menyampaikan rasa penghargaan dan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan segenap pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Bogor dalam penyelenggaraan pembangunan di Kabupaten Bogor," kata Burhan.

Dirinya berharap, mekanisme dan kerja sama yang baik akan terus dijalin oleh Pemkab Bogor demi perbaikan dan peningkatan kinerja serta tercapainya visi Kabupaten Bogor termaju, nyaman dan berkeadaban.

Baca juga: Bupati Bogor sampaikan LKPj 2020 kepada DPRD, anggap masa terberat selama menjabat

Sebelumnya, DPRD Kabupaten Bogor, melalui rapat paripurna pada Selasa (17/5), mengeluarkan sejumlah rekomendasi terkait LKPj Bupati Tahun Anggaran 2021.

"Rekomendasi ini selanjutnya agar dijadikan bahan evaluasi dan atau perbaikan penyelenggaraan pemerintahan," ungkap Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto usai memimpin rapat paripurna.

Menurutnya, rekomendasi yang dikeluarkan DPRD berupa catatan strategis meliputi saran, masukan dan koreksi terhadap urusan desentralisasi tugas pembantu dan tugas umum pemerintah.

Baca juga: Ketua DPRD Bogor menilai positif kinerja Pemkab Bogor 2020

Rudy tidak merinci apa saja rekomendasi yang disampaikan DPRD Kabupaten Bogor kepada Bupati. Namun demikian, kata dia, keputusan DPRD ini berdasarkan pada mekanisme pengambilan keputusan yang menjunjung tinggi asas kolektif kolegial dalam membahas LKPJ Bupati Bogor tahun anggaran 2021.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022