Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jabar akan mempercepat kegiatan pembangunan dan pemerataan akses infrastruktur dalam rangka konektivitas wilayah agar saling terintegrasi.

"Untuk mewujudkan visi misi Purwakarta Istimewa, terdapat misi mewujudkan pembangunan infrastruktur dan pengembangan pariwisata yang berwawasan lingkungan yang berkelanjutan," kata Bupati setempat Anne Ratna Mustika, saat Rakor Penanganan Infrastruktur bersama para Camat, di Purwakarta, Selasa

Ia menyampaikan kalau prioritas pembangunan daerah ialah dengan melakukan peningkatan infrastruktur dan konektivitas wilayah

Baca juga: Jalur alternatif mudik Karawang-Purwakarta segera diperbaiki
Baca juga: Purwakarta siapkan Rp143 miliar untuk pembangunan infrastruktur pada 2022

Percepatan peningkatan infrastruktur dan konektivitas wilayah itu di antaranya pembangunan dan pemerataan akses infrastruktur dalam rangka konektivitas wilayah yang saling terintegrasi.

Adapun rencana pembangunan tersebut diantaranya untuk jalan akses kawasan peruntukan Industri Cilangkap ke Simpang Susun Sadang.

Kemudian jalan akses kawasan peruntukan Industri Kembang Kuning Kecamatan Jatiluhur ke Simpang Susun Ciganea dan jalur Lingkar Barat menghubungkan Babakancikao, Cikaobandung, Kutamanah, Kertamanah, Ciririp, Sukasari, Parungbanteng, Gunungkarung, Sukamukti, Cidahu hingga Cijati.

"Sementara untuk jalur Lingkar Timur menghubungkan Cikopo, Cilandak, Cibukamamah, Mekarjaya, Ciseureuh, Kiarapedes, Garokgek hingga Ciracas," kata Ambu Anne.

Baca juga: Pemkab Purwakarta gandeng Kodim bangun jalan perdesaan dan perkotaan

Sementara, untuk gambaran umum jaringan jalan di wilayah Purwakarta berdasarkan fungsi di antaranya adalah fungsi arteri primer atau ruas jalan nasional, dan kolektor primer atau ruas jalan provinsi dan kabupaten.

Selanjutnya ialah lokal primer atau ruas jalan kabupaten dan fungsi lingkungan primer atau rias jalan kabupaten dan desa.

"Jika Berdasarkan status jalan, di wilayah Purwakarta ada jalan nasional sepanjang 42,91 kilometer, jalan provinsi sepanjang 59,350 kilometer dan jalan kabupaten 728,924 kilometer," katanya.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022