Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menyampaikan peran TNI dalam proses percepatan pembangunan di wilayah Purwakarta cukup penting sehingga perlu ditingkatkan kolaborasinya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Purwakarta Jaya Pranolo dalam keterangannya di Purwakarta, Rabu, mengatakan selama ini peran TNI cukup besar dalam proses percepatan pembangunan di Purwakarta, salah satunya berkaitan dengan pembangunan infrastruktur yang layak bagi masyarakat hingga pelosok desa.

Ia menyampaikan apresiasi terhadap kolaborasi yang terjalin dengan unsur TNI dalam hal ini jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 0619/Purwakarta untuk percepatan pembangunan di Kabupaten Purwakarta.

Baca juga: Bupati Purwakarta berharap TNI/Polri tindak tegas perusahaan pembuang limbah ke sungai
Baca juga: Ade Yasin manfaatkan program TMMD buka akses jalan Bogor-Cianjur-Purwakarta

Menurut dia, melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) sebelumnya, Pemkab Purwakarta bersama Kodim 0619 juga telah menuntaskan pemantapan jalan penghubung Desa Cisaat, Kecamatan Campaka dengan Desa Ciparungsari, Kecamatan Cibatu sepanjang 650 meter, dan pembangunan rumah layak huni dan fasilitas lainnya.

"Untuk tahun ini, mulai tanggal 11 Mei hingga 9 Juni 2022, kami bersama jajaran Kodim Purwakarta juga akan kembali berkolaborasi melalui program TMMD Ke-113, yang dipusatkan di Desa Wanawali, Kecamatan Cibatu," kata dia.

Dia mengatakan kolaborasi tersebut merupakan kerja sama lintas sektoral antara Pemerintah Kabupaten Purwakarta dengan TNI yang diwakili jajaran Kodim 0619/Purwakarta.

Baca juga: TMMD Di Purwakarta Buka Akses Jalan Warga

"Kegiatan pembangunan melalui program TMMD Ke-113 ini, sasaran utamanya adalah pembangunan ruas jalan Cibukamanah-Wanawali dengan panjang 435 meter, tinggi 30 sentimeter dan lebar lima meter," kata dia.

Ia juga menyampaikan ruas jalan Cibukamanah-Wanawali tersebut merupakan bagian dari Detail Engeneering Design (DED) ruas jalan Cibukamanah-Kadubandeng yang merupakan bagian dari pembangunan jalan lingkar timur Purwakarta.

"Pembangunan jalan ini mempunyai arti strategis dari segi pertahanan maupun dari segi ekonomi," katanya.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022