Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat menargetkan seluruh warganya dapat memiliki jaminan kesehatan dalam Deklarasi Universal Health Coverage atau cakupan semesta.

"Untuk mewujudkan Universal Health Coverage, Pemkab Purwakarta targetkan seluruh penduduk dapat memiliki jaminan kesehatan," kata Bupati setempat Anne Ratna Mustika saat Deklarasi Universal Health Coverage di Purwakarta, Jumat.

Dalam agenda tersebut, BPJS Kesehatan Cabang Karawang dan Pemkab Purwakarta melakukan penandatanganan Rencana Kerja Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional bagi Penduduk Pekerja Bukan Penerima Upah dan Bukan Pekerja yang Didaftarkan oleh Pemkab Purwakarta dalam rangka Universal Health Coverage

Baca juga: Bupati Purwakarta dorong agar ada peningkatan kepesertaan BPJS Kesehatan
Baca juga: Pemkab Purwakarta tanggung iuran 84 ribu peserta BPJS

"Deklarasi Universal Health Coverage ini juga sebagai salah satu wujud nyata sinergitas BPJS Kesehatan dengan Pemkab Purwakarta dalam penyelenggaraan JKN-KIS," kata bupati.

Ia juga mengajak jajarannya dan seluruh elemen lapisan masyarakat untuk bersama-sama memberikan sosialisasi, edukasi, informasi dan advokasi kepada peserta JKN-KIS. Sehingga mereka mendapatkan manfaat dari program ini dengan optimal.

"Tentu saja nanti dapat memudahkan akses masyarakat terhadap layanan kesehatan," katanya.

Baca juga: 83 persen masyarakat Purwakarta sudah terdaftar BPJS Kesehatan

Direktur BPJS Kesehatan Mundiharno dalam kesempatan mengatakan, warga Purwakarta patut mengapresiasi dukungan dan peran Pemkab Purwakarta beserta perangkat daerah dalam memaksimalkan Program JKN KIS.

Menurutnya, sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia No 01 Tahun 2022 perihal Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional bahwa Bupati dan Wali Kota diharapkan membantu menyukseskan keberlangsungan Program Jaminan Kesehatan Nasional yang merupakan program strategis nasional dan untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi Peserta Jaminan Kesehatan Nasional serta memastikan seluruh penduduknya terdaftar dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022