Perusahaan pusat distribusi obat dan alat kesehatan nasional di wilayah Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, PT Anugerah Pharmindo Lestari resmi memakai sumber energi ramah lingkungan berupa solar panel raksasa setelah diluncurkan hari ini.

Sedikitnya 1.506 panel surya dipasang untuk mengaliri listrik pada kompleks perusahaan tersebut sebagai upaya pelestarian lingkungan sekaligus menghemat energi.

"Kita semua tahu selama ini penggunaan energi fosil dari batu bara sudah menimbulkan dampak emisi yang tidak baik. Maka kami mengubah itu secara signifikan, dimulai dari Cikarang ini," kata Presiden Direktur PT Anugerah Pharmindo Lestari (APL), Christophe Piganiol saat peresmian solar panel di Pusat Distribusi Nasional di Cikarang, Selasa (19/4/2022).

Baca juga: AESI: Cicilan solar sel lebih murah ketimbang harga rokok

Christophe mengatakan ribuan panel ini menjadi panel solar pertama yang dijadikan sumber energi bagi sektor industri di Kabupaten Bekasi. Panel-panel itu dipasang pada sebidang lahan di bagian belakang bangunan utama perusahaan.

Ribuan solar panel itu memiliki kapasitas 813 kWp yang mampu menghasilkan energi lebih dari 1 juta kWh per tahun. "Berdasarkan hasil kalkulasi kami, energi ini bisa mengurangi penggunaan energi listrik sebesar 30 persen, cukup signifikan untuk membantu melestarikan lingkungan," katanya.

Christophe mengaku pemasangan panel surya ini menjadi yang pertama dilakukan perusahaan yang juga memiliki kantor perusahaan di Filipina, Thailand, dan Singapura itu.

"Di Indonesia kami ingin memberikan harapan baru tentang energi terbarukan untuk keselamatan lingkungan kita," ucapnya.

Baca juga: Kapal Indonesia Bertenaga Surya

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Jawa Barat Ai Saadiyah Dwidaningsih mengatakan penggunaan tenaga surya merupakan bagian dari inisiatif dunia usaha yang wajib diapresiasi. Dunia usaha memiliki inisiatif untuk berinvestasi di bidang sustainability.

"Di tengah kondisi pandemi COVID-19 saat ini, kami sangat mengapresiasi pelaku industri yang peduli terhadap lingkungan. Kami berharap langkah ini dapat menjadi contoh bagi pelaku industri swasta lainnya," kata dia.

PT Anugerah Pharmindo Lestari diketahui merupakan perusahaan pusat distribusi vaksin, obat-obatan, dan alat kesehatan. Perusahaan ini bekerja sama dengan berbagai produsen farmasi ternama untuk menyalurkan obat ke seluruh Indonesia.

Baca juga: Tim Pengmas FIK UI sediakan panel surya di Wakatobi

Perusahaan yang berdiri di atas lahan seluas 39.930 meter persegi itu mendistribusikan obat ke berbagai daerah, mulai dari Banda Aceh hingga Jayapura.

Ribuan solar panel itu dipasang untuk kebutuhan listrik terutama pendingin pada bagian penyimpanan obat dan vaksin yang memiliki ruangan bersuhu 2-8 derajat celcius untuk menyimpan jutaan vaksin, baik COVID-19 maupun vaksin dasar pada anak semisal campak atau DPT.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022