Jakarta (Antara Megapolitan) - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) akan menggelar sayembara desain baru Maskot Asian Games 2018.

"Maskot dan logo baru ini akan menggunakan sistem sayembara untuk mendapatkan rancangan dengan standar internasional," kata Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf di Kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu.

Ia menjelaskan sayembara itu bersifat terbatas, di mana peserta yang mendaftar kelak diutamakan sudah memiliki pengalaman desain grafis.

"Kalangan profesional dengan pengalaman minimal pernah menangani proyek tingkat nasional yang masuk kriteria kami, jadi tidak semua pihak dapat mengikuti sayembara ini," ujarnya.

Selain itu, Triawan juga mengatakan peserta yang nantinya mengajukan diri harus berbadan usaha.

"Pekerjaan ini saya rasa akan sulit bila dilaksanakan sendiri, jadi kemungkinan pendaftarannya berupa tim. Namun, peserta atau tim ini harus ada di bawah naungan sebuah badan usaha," tambahnya.

Maskot Drawa telah diluncurkan Wapres Jusuf Kalla pada Minggu (27/12). Empat hari kemudian direncanakan untuk direvisi karena menuai banyak kritikan dari masyarakat.

Sikap masyarakat yang tidak puas tersebut kemudian membuat Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Bekraf berupaya segera memperbaiki rancangan maskot dan logo pentas olahraga yang dilaksanakan setiap empat tahun sekali itu.

Pewarta: Agita Tarigan

Editor : M.Ali Khumaini


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016