Pelaksana tugas Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat Sukri, memastikan pihaknya siap melakukan uji kelaikan armada mudik pada Selasa (19/4) di Terminal Cikarang.

"Ramp check (inspeksi keselamatan) dilaksanakan besok di Terminal Cikarang dengan menyasar armada-armada yang digunakan untuk mudik warga," katanya di Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi, Kecamatan Cikarang Utara, Senin.

Sukri menjelaskan dalam kegiatan ini pihaknya turut berpartisipasi melakukan pengecekan dengan mengirimkan petugas yang akan membantu Dinas Perhubungan Jawa Barat selaku penyelenggara.

Baca juga: Dishub Bekasi antisipasi kemacetan malam tahun baru
Baca juga: Truk tanah hanya boleh melintas di Bekasi pada pukul 21.00-05.00 WIB

"Karena Terminal Cikarang merupakan terminal tipe B maka kewenangan melakukan pemeriksaan dan kelaikan armada berada di Dishub Jawa Barat. Kami sudah terima suratnya dan besok akan membantu mengirim personel," katanya.

Pihaknya telah menyiapkan seorang petugas serta satu orang penyidik sesuai permintaan Dinas Perhubungan Jawa Barat untuk mengecek kelaikan armada bus antar kota antar provinsi (AKAP).

"Besok ada satu penguji dan satu penyidik. Mungkin nanti ada juga yang dari provinsi. Kami hanya bantu-bantu besok," katanya.

Kabid Angkutan pada Dishub Kabupaten Bekasi Sugiarto mengatakan baru satu perusahaan otobus (PO) bus yakni Sinar Jaya yang telah melakukan ramp check melalui pihaknya.

Baca juga: Tim kuda Dishub Bekasi bertugas atasi kemacetan

Ia mengimbau kepada PO bus lain untuk melakukan pemeriksaan terhadap armada sebelum memberangkatkan penumpang.

"Kalau Sinar Jaya mayoritas sudah ramp check semua. Untuk PO bus lain kami imbau agar mengecek kelaikan kendaraan terlebih dahulu untuk keselamatan penumpang," kata Sugiarto.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022