Satlantas Polres Kabupaten Karawang akan menutup 70 akses jalur putar arah atau u-turn di sepanjang arteri wilayah Karawang, selama musim mudik-balik lebaran.

"Penutupan 'u-turn' dilakukan mulai di jalan Arteri Tanjungpura (perbatasan Karawang-Bekasi) hingga jalur Pantura Cikalong arah Gamon (perbatasan Karawang-Subang)," kata Kasatlantas Polres Karawang AKP LD Habibi Ade Jama, dalam sambungan telpon, di Karawang, Rabu.

Disebutkan kalau rekayasa lalu lintas dengan penutupan u-turn dilakukan sebagai upaya pengamanan arus mudik-balik lebaran. Intinya ialah untuk mengantisipasi kemacetan dan kecelakaan.

Baca juga: Tersisa tujuh putaran balik tidak ditutup di sepanjang jalur mudik Karawang
Baca juga: Ratusan titik "U-turn" di jalur mudik Karawang akan ditutup

Penutupan u-turn itu sendiri rencananya dilaksanakan mulai 18 April hingga 8 Mei 2022. Penutupan u-turn dilakukan dengan menggunakan median beton.

Kasatlantas menyampaikan, di sepanjang jalan arteri Karawang, hanya ada delapan akses jalur putar arah yang tidak ditutup.

Kedelapan U-turn yang tidak ditutup selama musim mudik dan balik lebaran ialah putaran Gamon, putaran SPBU Casandra, putaran rumah makan Niki dan bundaran depo Pertamina.

Baca juga: Puluhan "u-turn" di jalur mudik Bekasi tidak ditutup

Selain itu, juga bundaran Pancawati, bundaran Masari, bundaran Charles dan bundaran Kepuh tidak dilakukan penutupan. Sehingga masih bisa digunakan akses putar arah selama musim mudik-balik lebaran. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022