Pemerintah Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta tetap membuka semua destinasi wisata di kabupaten tersebut selama bulan Ramadhan dan Lebaran.

Kebijakan tersebut merupakan salah satu keputusan dalam Rapat Koordinasi Penanganan COVID-19 Pemerintah Kabupaten Bantul di bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1443 Hijriyah.

"Untuk kegiatan pariwisata, selama Ramadhan dan Lebaran tidak ada destinasi wisata yang ditutup, semua tetap dibuka," kata Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo di Bantul, Minggu.

Dengan demikian, masyarakat tetap bisa mengunjungi destinasi wisata untuk sekadar hiburan atau sambil menunggu waktu berbuka puasa bagi masyarakat yang melaksanakan ibadah puasa, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Joko Purnomo mengatakan, untuk kesiapan pemerintah daerah menghadapi libur Lebaran 2022, akan dibicarakan secara teknis, baik lokasi wisata maupun jalur menuju lokasi wisata, dalam rapat koordinasi pada pertenganan bulan puasa.

"Nanti, 15 hari sebelum Lebaran kita akan gelar rapat lagi, khusus untuk membicarakan kesiapan aparatur dalam rangka menerima kunjungan wisatawan. Jadi kesiapan-kesiapan di tempat wisata akan kita rapatkan secara teknis," katanya.

Joko mengatakan, beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) terkait juga sepakat untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan yang akan berkunjung ke destinasi Bantul, mengingat usai merayakan Lebaran bersama keluarga, masyarakat akan berwisata.

"Dari Polres, Dinas Perhubungan, dan Dinas Kesehatan akan membangun sinergi untuk membuka posko-posko di beberapa titik terutama kaitannya dengan kelancaran lalu lintas menuju objek wisata," katanya.

Seperti pengalaman tahun sebelumnya, Polres akan mendirikan posko pengamanan arus mudik di beberapa titik, dengan bersinergi dengan Dishub.

"Termasuk nanti kita imbau dan ajak relawan yang juga akan membuka posko-posko siaga, kami harap agar dilaporkan kepada kita agar bisa dikoordinasikan bersama," katanya.

Baca juga: Wisata Malam Parangtritis Harus Berpijak Koridor Budaya Yogyakarta
Baca juga: Abrasi Pantai Selatan Membuat Penyu Sulit Bersarang
 

Pewarta: Hery Sidik

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022