Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menguatkan pengelolaan Kampung Keluarga Berencana Berkualitas atau Kampung KB Berkualitas, agar program tersebut bisa berjalan optimal di wilayah Purwakarta.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) setempat Yayat Hidayat, di Purwakarta, Kamis mengatakan, Kampung KB Berkualitas itu merupakan program pemerintah pusat yang harus digulirkan di daerah.

Program Kampung KB Berkualitas itu sendiri telah diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo, beberapa tahun lalu.

Baca juga: Bupati Purwakarta akui tak mudah beri edukasi warga tentang pentingnya KB
Baca juga: Pemkab Purwakarta tambah tenaga penyuluh untuk tingkatkan pelayanan KB

"Dengan program Kampung KB, diharapkan menjadi salah satu senjata pamungkas baru pemerintah pusat maupun daerah dalam mengatasi masalah kependudukan, terutama di wilayah-wilayah yang jarang terjangkau oleh pemerintah," katanya dalam siaran pers yang diterima di Purwakarta.

Menurut dia, untuk menguatkan program Kampung KB Berkualitas di Purwakarta pihaknya telah menggelar rakor kepada sejumlah instansi terkait.

Ia mengatakan, untuk hasil rakor tersebut maka perlu ditingkatkan kualitas dan kapasitas pengurus serta pengelolaan Kampung KB di Purwakarta.

Baca juga: Purwakarta targetkan bentuk 33 Kampung KB

"Diperlukan juga kerja sama dan sinergitas dengan OPD-OPD lainnya juga diperlukan untuk berjalannya program ini," katanya.

Dikatakan kalau Kampung KB di Purwakarta harus berjalan lancar dan optimal. Sebab itu menjadi bagian dari upaya mengatasi masalah kependudukan di Tanah Air. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022