Karawang (Antara Megapolitan) - Ribuan surat suara Pemilihan Umum Kepala Daerah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengalami kerusakan akibat permasalahan teknis percetakan.

"Surat suara diketahui banyak yang rusak setelah dilakukan penyortiran," kata Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang Adam Bahtiar, di Karawang, saat dihubungi di Karawang, Minggu.

Ia mengatakan, surat suara yang selesai cetak langsung didistribusikan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk kemudian dilakukan penyortiran.

Dari penyortiran di tingkat kecamatan itulah diketahui cukup banyak surat suara yang rusak. Surat suara yang rusak hampir ditemukan di seluruh kecamatan.

Tetapi sesuai dengan laporan yang diterima KPU Karawang, di Kecamatan Purwasari ditemukan banyak surat yang rusak, mencapai sekitar 700 lembar surat suara yang rusak.

Sedangkan kerusakan surat suara di kecamatan lain umumnya hanya mencapai puluhan hingga sekitar 100-an lembar surat suara.

Adam menyatakan surat suara itu rusak akibat kesalahan teknis saat proses percetakan.

Di antara kerusakan pada surat suara itu ialah sobek, gambar dan tulisan tidak jelas, terdapat noda hitam pada bagian gambar pasangan calon, dan lain-lain.

Ditanya tentang logistik Pilkada yang lain, ia menyatakan pendistribusian logistik Pilkada sudah dilakukan sejak beberapa pekan terakhir. Bahkan hingga kini logistik sudah sampai ke 30 kecamatan sekitar Karawang.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015