Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendukung jenama-jenama lokal yang akan berpartisipasi dalam "Gekrafs Paris Fashion Show at Paris Fashion Week 2022" pada 6 Maret 2022 di The Westin Paris Vendome.

"Ini momen bersejarah bahwa suatu hari kreativitas Indonesia ini akan menaklukkan dunia, saya sangat yakin, khususnya Jawa Barat," kata Ridwan saat konferensi pers virtual, Jumat.

Sebagai informasi, "Gekrafs Paris Fashion Show" merupakan acara off-schedule dari Paris Fashion Week (PFW). Acara on-schedule PFW sendiri dikhususkan untuk jenama asal Paris. Jenama dari luar Paris yang berpartisipasi diwajibkan membuat pagelaran sendiri dengan standar PFW.

Baca juga: Ridwan Kamil desain Gedung Kejati Jabar usung konsep kantor cerdas

Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) akan membawa 10 jenama lokal untuk tampil di Paris, di antaranya termasuk jenama 3Second dan Greenlight asal Bandung, Jawa Barat. Keduanya masing-masing berkolaborasi dengan jenama Danjyo Hiyoji dan desainer Ican Harem.

Ridwan Kamil yakin merek pakaian lokal yang akan berangkat ke Paris bisa menarik perhatian internasional berkat kreativitas yang dihadirkan.

"Jangan lupa, hebatnya Indonesia kan negerinya indah. Motif itu menurut saya harus selalu mewarnai kecanggihan, selera modernnya harus ada twist-nya. Budaya dari Indonesia juga jangan malu-malu kita eksplor," ujarnya.

Baca juga: Ridwan Kamil apresiasi inovasi petani milenial bangkitkan perekonomian warga

Ia berpesan agar para pelaku industri fesyen, rekan pekerja seni, serta kreator konten yang terlibat selalu menjaga kesehatan sehingga acara dapat berjalan dengan lancar di Paris untuk mewakili Indonesia.

Selain itu, Ridwan Kamil berpesan agar para pelaku di industri fesyen selalu memahami tren dunia sehingga bisa bersaing di tingkat internasional.

"Kalau orang Prancis mau bikin tren tahun depan, itu bersepakat dulu semua industrinya tahun depan, 'Mau warna apa, nih'. Misalnya tiga warna, ungu, coklat, biru, dari sepatu sampai baju semua bersepakat tren masa depan adalah tiga warna itu. Nah, budaya di kita belum selevel itu kekompakannya. Mudah-mudahan kita bisa secanggih itu," katanya.
 

Pewarta: Rizka Khaerunnisa

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022