Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi menghibur anak-anak yang menjadi penyintas bencana banjir di Kelurahan Jayaraksa, Kota Sukabumi, Jawa Barat melalui psychosocial support program (PSP) untuk mengurangi rasa trauma setelah ikut terdampak bencana yang terjadi pada Kamis, (17/2) lalu.

"Layanan PSP untuk anak-anak terdampak bencana seperti di Kampung Tugu, Kelurahan Jayaraksa, Kecamatan Baros ini agar trauma yang dialami mereka tidak berkepanjangan dan diharapkan bisa mengembalikan lagi keceriaannya," kata Ketua PMI Kota Sukabumi Suranto Sumowiryo di Sukabumi, Senin.

Menurut Suranto, anak-anak yang menjadi korban bencana biasanya rentan mengalami gangguan kesehatan salah satunya psikologisnya, karena baru saja mengalami kejadian yang menakutkan.

Baca juga: PMI Kota Sukabumi salurkan air bersih ke lokasi bencana banjir di Baros

Maka dari itu, melalui dukungan PSP relawan PMI mengajak anak yang menjadi penyintas bencana ini untuk bermain sekaligus disisipi dengan edukasi agar mereka merasa nyaman dan bisa sedikit demi sedikit menghilangkan rasa traumanya.

Adapun sasaran anak yang mendapatkan dukungan PSP ini yakni berusia dini atau mereka yang masih duduk di bangku SD maupun SMP. Selama kegiatan terlihat anak-anak mulai ceria dan melupakan sejenak peristiwa yang baru saja dialaminya tersebut.

Baca juga: Personel PMI Kota Sukabumi berhasil selamatkan korban banjir Sudajayakidul

Relawan yang bertugas memberikan layanan PSP tidak sebatas memberikan hiburan saja, tetapi melakukan edukasi promosi kesehatan pencegahan penyakit dengan memberikan berbagai tips yang tentunya disesuaikan dengan usia mereka sehingga mudah dipahami dan tidak membosankan.

"Pelayanan PSP ini tidak hanya untuk anak-anak saja tapi para penyintas bencana yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan psikososial individu maupun masyarakat agar tetap berfungsi optimal pada saat mengalami krisis seperti ini," tambahnya.

Baca juga: PMI Kota Sukabumi kembali gencar lakukan disinfektan cegah COVID-19

Suranto mengatakan untuk menambah semangat para peserta penerima manfaat dari program yang sudah dilaksanakan secara berkelanjutan sejak hari pertama banjir ini, PMI pun memberikan paket souvenir dan paket perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022