Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, Jawa Barat, berhasil melampaui target realisasi investasi tahun 2021 dengan capaian Rp8,1 triliun yang bersumber dari Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN).

"Realisasi investasi tahun 2021 sebesar 118 persen dari yang ditargetkan pemerintah daerah senilai Rp6,9 triliun. Ini menandai bangkitnya perekonomian kita di tengah pandemi COVID-19," kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bekasi Lintong Dianto Putra di Bekasi, Kamis.

Dia mengatakan capaian itu membuat Kota Bekasi menduduki posisi keempat jumlah proyek PMA-PMDN terbanyak se-Jawa Barat dengan total 3.115 proyek atau berkontribusi sebesar 9,8 persen dari total proyek provinsi di periode yang sama.

Baca juga: Kota Bekasi terima investasi Rp4,3 triliun dalam bentuk infrastruktur pengolahan sampah

"Sepanjang tahun lalu kita juga berhasil menyerap tenaga kerja sebanyak 6.884 orang. Keberhasilan ini sekaligus membuat target investasi kita tahun ini meningkat menjadi Rp8,4 triliun," katanya.

Lintong menjelaskan realisasi investasi tahun lalu yang bersumber dari PMA diperoleh dari sektor industri kendaraan bermotor dan alat transportasi lalu lintas dengan nilai  Rp1,1 triliun. Disusul sektor perumahan, kawasan industri, dan perkantoran sebesar Rp962 miliar. Sektor transportasi, gedung, dan telekomunikasi Rp512 miliar, serta 14 sektor investasi lain dengan total keseluruhan 17 sektor PMA.

Sedangkan tiga besar realisasi investasi tertinggi PMDN disumbang sektor transportasi, gedung, dan telekomunikasi Rp2,2 triliun. Kemudian sektor perumahan, kawasan industri dan perkantoran Rp1 triliun, serta sektor hotel dan restoran  Rp978 miliar. Total penanaman modal dalam negeri ini mencapai 23 sektor.

Baca juga: Menjaga iklim investasi daerah di kawasan penyangga ibu kota

"Berdasarkan total nilai investasi, Kota Bekasi berhasil memberikan kontribusi bagi Jawa Barat sebesar enam persen atau berada pada peringkat kelima," katanya.

Di posisi pertama masih Kabupaten Bekasi yang notabene dikenal sebagai kawasan industri terbesar se-Asia Tenggara dengan nilai investasi sebesar Rp42 triliun atau 31,78 persen dari total nilai investasi se-Jawa Barat.

Kedua ditempati Kabupaten Karawang dengan nilai investasi sebesar Rp26 triliun atau 19,56 persen, disusul Kota Bandung Rp11 triliun atau 8,41 persen, dan Kabupaten Bogor Rp9,89 triliun atau 7,27 persen dari total investasi provinsi.

Baca juga: Kota Bekasi berharap dukungan investasi internasional untuk pembangunan daerah

Lintong juga menyebutkan bahwa jumlah investasi di total 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat pada tahun 2021 mencapai Rp136 triliun dengan jumlah penyerapan tenaga kerja sebanyak 109.331 orang, disertai 31.804 laporan kegiatan penanaman modal.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022