Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, optimistis program vaksinasi COVID-19 untuk anak berusia 6-11 tahun sebelumnya sesuai target yang telah ditetapkan dengan jumlah sasaran 271.247 anak.

"Dalam pelaksanaan pemberian vaksin COVID-19 dosis pertama untuk anak usia 6-11 tahun, kami bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi dan sekolah untuk mempercepat pelaksanaan program vaksinasi ini," kata Plt Kadinkes Kabupaten Sukabumi Rika Mutiara di Sukabumi, Minggu.

Menurut Rika, dalam pelaksanaan vaksinasi untuk anak ini mendapatkan juga bantuan dari Polres Sukabumi, unsur TNI, komunitas, badan usaha dan lainnya agar anak berusia 6-11 tahun di Kabupaten Sukabumi semuanya bisa mendapatkan vaksin COVID-19.

Baca juga: Vaksinasi anak 6-11 tahun di Kota Sukabumi ditargetkan tuntas dalam 10 hari

Hingga saat ini, katanya, anak yang divaksinasi dosis pertama persentasenya di angka 16 hingga 17 persen, bahkan puluhan anak berusia 6-11 tahun sudah mendapatkan vaksin dosis kedua, namun merencanakan minimal seluruh anak usia tersebut mendapatkan dosis pertama.

Untuk mencapai target tersebut, targetkan setiap harinya lebih dari 1.000 program vaksinasi anak. Karena itu meminta kepada pihak sekolah untuk mendukung pendataan terhadap anak didik.

Ia pun mengimbau agar orang tua murid ikut mendukung program vaksinasi dan menjamin jaminan vaksin yang digunakan aman serta sebelum divaksinasi setiap anak diperiksa terlebih dahulu kesehatannya dan usai menjalani pemeriksaan petugas kesehatan tetap melakukan pemantauan terhadap kondisi anak.

Baca juga: Kapolda apresiasi warga Sukabumi bantu sukseskan vaksinasi COVID-19

"Vaksinasi untuk anak ini bertujuan untuk memperkuat ketahanan komunal, sekaligus salah satu syarat pembelajaran tatap muka serta memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Kami pun gencar melakukan sosialisasi dan edukasi terkait vaksinasi untuk anak-anak ini agar seluruh orang tua sadar akan pentingnya vaksinasi, " ujarnya.

Rika mengatakan vaksinasi anak ini juga untuk menyempurnakan program vaksinasi untuk masyarakat sampai saat ini 75 persen yang mendapatkan vaksin COVID-19.

Sementara itu, Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah mengatakan untuk Pemkab Sukabumi dalam mendukung sosialisasi untuk anak, turut serta menggelar vaksinasi di berbagai sekolah di wilayah hukum Polres Sukabumi serta membantu personelnya untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada orang tua murid.

Baca juga: Polres Sukabumi targetkan seluruh nelayan dapatkan vaksinasi COVID-19

Selain itu, katanya, untuk menarik perhatian anak agar tidak takut dan mau divaksinasi selalu menyiapkan hadiah, salah satunya tiket diskon untuk masuk ke lokasi wisata arung jeram yang ada di Kecamatan Cikidang dan hadiah-hadiah lainnya.

"Dari hasil evaluasi, kami memberikan apresiasi kepada orang tua murid yang mendukung program vaksinasi untuk anak dan sudah penting pentingnya menjaga kesehatan anak-anak. Bahkan setiap kali kami menggelar kegiatan di sekolah selalu disambut antusias, baik para guru, orang tua hingga murid," katanya.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022