Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, merumuskan berbagai langkah untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19, khususnya varian Omicron.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika di Purwakarta, Kamis, mengatakan varian Omicron telah menimbulkan gelombang baru penularan COVID-19 di berbagai negara.

Begitupun dengan Indonesia, bukan tidak mungkin dapat mengalami hal yang sama.

Untuk mengantisipasi penyebaran varian tersebut, katanya, penerapan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas warga harus tetap dijalankan.

Baca juga: Purwakarta integrasikan pelayanan posbindu untuk antisipasi penyebaran Omicron

Ia menjelaskan bahwa dalam mengantisipasi penyebaran varian Omicron, langkah-langkah strategis yang selama ini sudah diterapkan harus terus diperkuat secara masif, di antaranya penegakan protokol kesehatan, penguatan pengetesan, pelacakan, dan isolasi terpusat, akselerasi vaksinasi, terutama untuk lansia dan anak-anak.

"Selain itu juga akan dilakukan persiapan segala kebutuhan rumah sakit dan obat-obatan untuk antisipasi hal terburuk," katanya.

Pemkab Purwakarta juga akan melakukan berbagai upaya agar virus Omicron ini tidak menjangkit warga setempat, seperti meningkatkan pengawasan hingga RW dan RT mengenai penerapan protokol kesehatan oleh warga.

Baca juga: Kemenkes lacak kasus Omicron pelaku perjalanan Jakarta-Bogor

Pemkab Purwakarta telah menyiapkan empat rumah sakit rujukan jika ada yang terjangkit Omicron, yaitu di RSUD Bayu Asih, RS Asri, RS Abdul Radjak, dan RS Siloam.

"Dengan keempat rumah sakit itu sudah dilakukan koordinasi dan mereka siap," kata Anne.

Ia menyebut sejauh ini belum ada indikasi warga setempat terpapar virus varian baru itu.

"Mudah-mudahan minggu ini sudah selesai dan kembali zero kasus untuk seluruh kecamatan," katanya.

Baca juga: Omicron sudah sampai Sukabumi? Ini upaya Satgas

Ia mengingatkan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan, terutama ketika beraktivitas di luar rumah, karena protokol kesehatan penting dalam upaya menekan laju penyebaran COVID-19.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022