Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, akan memaksimalkan anggaran sebesar Rp143 miliar pada 2022 untuk pembangunan infrastruktur.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang setempat Ryan Oktavia, di Purwakarta, Jumat mengatakan anggaran ini dipersiapkan untuk peningkatan jalan, pemeliharaan berkala dan pemeliharaan rutin jalan, termasuk pemeliharaan dan pembangunan jembatan.

"Anggaran itu sudah termasuk anggaran tanggap darurat," katanya.

Baca juga: Pemkab Purwakarta gandeng Kodim bangun jalan perdesaan dan perkotaan
Baca juga: Purwakarta rampungkan pengaspalan dan beton jalan 13,5 km saat pandemi

Menurut dia, pembangunan infrastruktur selama ini menjadi salah satu program prioritas Pemkab Purwakarta. Hanya saja, kemajuan dalam dua tahun terakhir sempat terhambat, karena adanya pandemi.

"Dua tahun kemarin kita tidak bisa maksimal karena ada peralihan anggaran. Tahun ini, Insya Allah kita maksimalkan lagi," kata Ryan.

Baca juga: Purwakarta alokasikan anggaran Rp49,5 miliar untuk pembangunan infrastruktur jalan

Selain itu, pihaknya juga mengalokasikan anggaran untuk program lainnya, terutama bagi peningkatan sumber daya air, seperti membangun jaringan irigasi yang dialokasikan sebesar Rp17 miliar.

Selanjutnya, untuk penataan bangunan gedung dialokasikan Rp30 miliar serta pembangunan saluran air atau drainase yang dialokasikan Rp4 miliar. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022