Sukabumi, (Antara Megapolitan) - Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat menyiapkan ribuan saksi yang akan ditempatkan di tempat pemungutan suara (TPS) pilkada 9 Desember 2015.

"Jumlah saksi akan kami sesuaikan dengan jumlah TPS, ini kami lakukan untuk mengantisipasi adanya tindakan kecurangan saat pemungutan hingga perhitungan suara pada pilkada 9 Desember 2015," kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD)  PAN Kabupaten Sukabumi Iman Adinugraha di Sukabumi, Minggu.

Menurutnya, ada sekitar 4.100 TPS yang tersebar di Kabupaten Sukabumi sehingga setiap satu TPS akan dijaga oleh satu saksi.

PAN yang juga berkoalisi dengan PDI Perjuangan dan Partai Nasdem serta didukung PBB dan Perindo sudah berkoordinasi tekait saksi, bahkan dari partai koalisi juga sudah menyiapkan saksi.

Selain itu, saksi yang bertugas tidak hanya mencatat jumlah suara saja, tetapi harus bisa kritis karena khawatir pada pilkada ini calon kepala daerah yang diusung tiga partai dan didukung dua partai tersebut dicurangi oleh oknum penyelenggara.

"Kami juga sudah memberikan pelatihan kepada ribuan saksi yang nantinya akan bertugas di TPS, agar pada saat pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara, saksi ini bisa bertugas dengan baik," tambahnya.

Di sisi lain, pasangan calon kepala daerah yakni Ahmad Jajuli (mantan Wabup Sukabumi)-Iman Adinugraha (Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi) berkeyakinan pada pilkada ini bisa memenangkan pesta rakyat setiap lima tahun sekali ini.

Strategi pun sudah dimiliki, bahkan pasangan ini mengklaim sudah mempunyai relawan hingga tingkat rukun tetangga (RT).

"Kami akan terus berusaha menarik simpati dari masyarakat Kabupaten Sukabumi, visi dan misi kami pun mengena karena dibutuhkan warga, sehingga banyak warga yang bersimpati dan siap memberikan suaranya pada 9 Desember mendatang," kata Iman.

Pewarta: Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015