Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta mengampanyekan perilaku hidup sehat melalui talkshow bertajuk “Jakarta Sehat, Jakarta Bangkit” memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 di Neo Soho Mall, Jakarta, Jumat.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dr Fify Mulyani menyebutkan bahwa kegiatan Penggerakan Massa untuk Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang juga digelar secara virtual itu untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai kesehatan.

"Untuk memberikan edukasi kepada masyarakat DKI Jakarta untuk tetap selalu melakukan perilaku hidup sehat dengan melakukan Germas," kata dr Fify.

Talkshow tersebut menghadirkan beberapa narasumber seperti Dr dra Rita Damayanti Ketua Umum Perkumpulan Promotor dan Pendidik Kesehatan Masyarakat Indonesia (PPPKMI), dr Ika Ayu M Biomed (AAM), Aldis Rusli, Certified Nutrition and Wellness Consultant, dan dimoderatori oleh Mery Aderita Jabfung Penyuluh Kesehatan Masyarakat.

Dr Fify menyebutkan, meski kini angka kematian akibat COVID-19 sudah menurun, tapi sangat penting bagi masyarakat untuk melakukan upaya pencegahan, seperti menerapkan 6M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas dan menghindari makan bersama).

"Penerapan protokol kesehatan sangat penting, karena ini menjadi salah satu kunci untuk menekan peningkatan jumlah kasus positif COVID-19," terangnya.

Ia mengatakan bahwa sebagai perwujudan kolaborasi pentahelix, Dinkes DKI Jakarta berkolaborasi dengan pihak swasta seperti Neo Soho Mall, Indonet, InBody, Jakarta Experience Board, Mufit Indonesia, Alodokter, Organisasi Profesi PPPKMI Provinsi DKI Jakarta, dan juga Suku Dinas Kesehatan enam wilayah.

"Juga dukungan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, Disparekraf, Diskominfo dan Dinas Teknis terkait lainnya yang memberikan kontribusi luar biasa yang tidak bisa disebutkan satu persatu dari semua OPD di Lingkungan Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta," kata dr Fify.

Talkshow ini merupakan rangkaian peringatan HKN ke-57 Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dari beberapa kegiatan lainnya yang telah dilaksanakan sejak 7 November lalu.

"Diharapkan dari kegiatan peringatan HKN ke-57, Dinas Kesehatan dapat kembali mengingatkan masyarakat untuk tetap berperilaku hidup sehat dalam setiap kondisi yang ada dan menjadi kebiasaan baik untuk meningkatkan kesehatan diri sendiri, keluarga dan kesehatan masyarakat serta mampu berperan aktif di lingkungannya," tuturnya.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021