Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat berharap operasional Biskita Trans Pakuan bisa gratis hingga tahun 2022 untuk membiasakan masyarakat beralih menggunakan angkutan umum baru itu.
 
"Jadi kita minta kalau bisa subsidi Biskita Pakuan ini masih bisa gratis sampai semester 1 tahun depan, syukur kalau bisa sepanjang 2022," kata Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim di Kota Bogor, Selasa.
 
Dedie menyatakan telah ada pertemuan di Jakarta yang membahas Biskita Trans Pakuan dengan program buy the service (BTS) dari Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Baca juga: Pemkot Bogor gencar sosialisasikan tap kartu Biskita Trans Pakuan gratis
 
Salah satunya, membahas usul perpanjangan subsidi gratis ongkos bagi penumpang Biskita Trans Pakuan dan yang utama mengenai mengaktifkan 10 bus di koridor 6 rute Parung Banteng-Air Mancur.
 
Dedie mengatakan untuk menyambut beroperasinya Biskita Trans Pakuan di koridor tersebut telah ada enam bus yang sampai di Kota Bogor dan empat lainnya menyusul pekan ini.
 
Ia menyebut dari total target 49 Biskita Trans Pakuan yang beroperasi akhir tahun 2021, akan ada 20 bus hingga akhir November dengan rincian 10 bus di koridor 5 pada awal peluncuran dan 10 bus nanti di koridor 6.

Baca juga: 10 BisKita Trans Pakuan Kota Bogor mulai beropasi
 
"Awal bulan sudah dan 10 lagi nanti tanggal 28 November ini," katanya
 
Sepuluh Biskita Trans Pakuan telah beroperasi menggantikan 30 angkutan kota (angkot) sejak Selasa, 2 November 2021 di koridor 5 yang melayani penumpang dari Stasiun Bogor-Ciparigi.
 
Program bus tersebut direncanakan untuk menata transportasi umum Kota Bogor lebih baik dan mengurangi kemacetan.

Baca juga: BPTJ: Bus Trans Pakuan Kota Bogor akan beri subsidi kepada penumpang
 
Bus akan terus mengurangi angkot hingga nanti benar-benar menggantikannya sebagai angkutan umum kota dengan fasilitas yang memadai.*

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021