Head Of Corporate Affairs & Sustainability PT Unilever Indonesia, Tbk, Nurdiana Darus mengatakan program Ibu Sehat Keluarga Sejahtera (BU KARSA) diharapkan dapat memberikan edukasi bagi 500,000 perempuan prasejahtera yang merupakan peran sentral dalam menjaga kesehatan keluarga serta menjadi agen perubahan di lingkungan mereka.

"Program BU KARSA "Ibu Sehat, Keluarga Sejahtera" adalah sebuah program PNM dan Unilever dengan tujuan mulia dalam proses pemberdayaan wanita," kata Nurdiana Darus dalam keterangan tertulisnya, Kamis.

Program ini disusun kata dia secara spesifik melalui serangkaian program edukasi, sosialisasi, dan pemberdayaan yang diselenggarakan di Kab. Sukabumi, Kab. Bandung, Kab. Cianjur, Kab. Garut, Kab. Ciamis, Kab. Siak, Kab. Kebumen, Kab. Klaten, Kab. Semarang, Kab. Sampang, Kab.Pamekasan, dan Kab. Ngawi. Program Ibu Sehat Keluarga Sejahtera atau BU KARSA merupakan kolaborasi antara PNM dan Unilever.

Selain itu, kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan dampak yang terukur dan lebih luas atas perubahan perilaku masyarakat.

Sementara itu Direktur Kelembagaan dan Perencanaan PNM Sunar Basuki pada acara peluncuran program BU KARSA menegaskan bahwa kolaborasi memegang peranan penting dalam membawa outreach pemberdayaan secara lebih luas.

Selain itu program Bu Karsa adalah proses pemberdayaan secara komprehensif meliput edukasi pencegahan penularan dan vaksinasi COVID-19, panduan gizi seimbang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, pembuatan resep masakan bernutrisi, pemilahan sampah, serta higienitas rumah dan toilet. 

Program BU KARSA tidak melupakan Bahasa daerah dalam proses penyampaian materi agar Ibu - Ibu Mekaar mudah memahami program secara utuh melalui penyampaian yang dilakukan oleh para rekan – rekan AO mekaar.

Untuk mendukung masyarakat dalam proses adaptasi kebiasaan sehat, Unilever juga membantu menyalurkan lebih dari 500 ribu produk handsanitizer, 3,000 dus sabun cuci tangan lifebuoy, 16,000 pcs pasta gigi pepsodent, dan buku panduan resep masakan dari Royco untuk di bagikan keseluruh Nasabah Mekaar PNM melalui teman-teman fasilitator PNM di lapangan. 

Menurut Mira Damayanti Hardjono, Kepala Divisi JML mengatakan program ini adalah Komitmen Pemberdayaan Perempuan Berkelanjutan PNM dan Unilever, program ini juga sudah menjadi spesialisasi Divisi JML dalam menyusun program – program tanggung jawab sosial lingkungan, PNM juga sudah meraih penghargaan terkait Program TJSL dengan berhasil diraihnya penghargaan TJSL award 2021.” 

Mengikuti tren Milenial, program ini juga diupdate secara berkala di Instagram @pnm_jasamanajemen untuk meningkatkan kesadaran terutama bagi kalangan Milenial. 

Pewarta: Pewarta Antara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021