Bogor, (Antara Megapolitan) - Perusahaan Listrik Negara (PLN) Area Bogor, Jawa Barat memastikan pasokan listrik untuk pelanggan aman selama kemarau dan belum mengalami pengurangan daya hingga menyebabkan pemadaman.

"Sampai saat ini belum ada permintaan untuk mengurangi beban, pasokan listrik masih aman," kata Kepala Bagian Humas PLN Area Bogor, Kusumawan, di Bogor, Jumat.

Kusumawan mengatakan, apabila ada pengurangan pasokan listrik, maka PLN Area Bogor akan mendapatkan pemberitahuan dari PLN Rayon Jawa Barat-Banten untuk mengurangi beban.

Pemberitahuan ini, lanjut dia, akan ditindaklanjuti oleh PLN Area Bogor dengan menerbitkan pengumuman kepada para pelanggan melalui media massa terkait adanya pengurangan beban listrik.

"Sampai saat ini kami belum mendapatkan perintah untuk mengurangi beban. Jadi pemadaman belum dilakukan, karena pasokan masih aman," katanya.

Ia mengatakan, pasokan listrik PLN Bogor lebih besar dipasok dari pembangkit Pelabuhan Ratu berasal dari pembangkit batu bara, dan gardu induk di wilayah Cibinong.

Selain itu, PLN telah tergabung jaringan Jawa, Madura dan Bali. Sehingga apabila ada gangguan pasokan dapat terhubung, sehingga bisa disuplai dari koneksi yang lain.

PLN Bogor melayani sebanyak satu juta pelanggan yang tersebar sebagian besar di wilayah Kabupaten Bogor, dan sebagian kecil di wilayah Kota Bogor.

"Tetapi kita tetap melakukan upaya antisipasi pemeliharaan jaringan secara rutin. Kemudian melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk hemat dalam penggunaan listrik. Matikan yang tidak perlu," kata Kusumawan.

Kusumawan menambahkan, dengan situasi kemarau saat ini perlu kiranya masyarakat menggalakkan hidup hemat listrik. Jika masyarakat serentak melakukan upaya penghematan dapat menurunkan beban sehingga terbantu ketika terjadi defisit.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015