Consultant O&G and Fertility Specialist of Alpha IVF & Women’s Specialists, Dr Lam Wei Kian mengatakan Malaysia sangat bangga dengan tingkat keberhasilan program kesuburan untuk In-Vitro Fertilization (IVF), di mana satu dari dua pasien telah mengalami keberhasilan tersebut. 

Malaysia pun menyediakan perawatan lanjutan, termasuk onkofertilitas, dan teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI) untuk pengujian viabilitas kesuburan, katanya dalam keterangannya, Rabu. 

Hal ini, dilakukan tentu untuk memperkuat posisinya sebagai Pusat Kesuburan Asia. Hanya terdapat 30 pusat kesuburan di seluruh dunia yang memiliki akreditasi RTAC Internasional. Dari jumlah tersebut, delapan pusat keseuburan berada di Malaysia. 

Ia mengatakan hampir 1 dari 6 pasangan memiliki masalah infertilitas. Infertilitas adalah suatu kondisi di mana kehamilan tidak terjadi pada pasangan yang sudah melakukan hubungan seksual secara rutin dan tanpa penggunanaan pengaman selama kurun waktu 1 tahun. 

Jika seorang wanita yang berusia 35 tahun atau lebih, setelah 6 bulan berhubungan tanpa menggunakan pengaman, namun belum juga mengalami kehamilan, maka dia harus mulai mencari dan melakukan pemeriksaan kesuburan.  

Penyebab infertilitas dapat dikategorikan menjadi faktor pria dan wanita.  Faktor pria termasuk Produksi dan fungsi sperma yang tidak normal, Cacat saat terjadi pengiriman sperma dari testis, Faktor lingkungan atau paparan bahan kimia atau radiasi.

Faktor wanita termasuk gangguan ovulasi (PCOS), infertilitas tuba, Cacat struktural ovarium, rahim atau endometrium (endometriosis, kista ovarium, fibroid rahim, polip Rahim 

Terkadang tidak ada penyebab yang ditemukan, hal inilah yang disebut infertilitas yang tidak dapat dijelaskan. 
  
Benarkah semakin tua wanita, semakin sulit hamil. Kesuburan akan selalu berubah selama hidup Anda. Setiap wanita pasti memiliki waktu biologis untuk cadangan ovariumnya, karena itu semakin muda wanita, semakin baik kualitas telur dan jumlah telur lebih banyak. 

Sifat kesuburan seorang wanita akan mulai menurun setelah dia berusia 35 tahun, dan lebih signifikan lagi setelah berusia 40 tahun. 

Apa saja pilihan medis untuk mengobati infertilitas?. Pada wanita, pengobatan medis digunakan untuk merangsang ovulasi terutama bagi mereka yang mengalami disfungsi ovulasi. Obat-obatan seperti clomiphene, injeksi FSH/LH biasanya digunakan untuk membantu ovarium wanita melepaskan sel telur yang matang dalam siklus IUI atau IVF. 

Pada pria yang mengalami masalah ejakulasi dan ereksi dapat minum obat untuk mengembalikan sifat kesuburannya. Perawatan hormon dianjurkan jika kadar hormonnya rendah atau tinggi. 

Prosedur Teknologi Reproduksi Terbantu (Assisted Reproductive Technology/ART) yang tersedia di Malaysia? IUI (Inseminasi Intra Rahim), Bayi Tabung (Fertilisasi In-Vitro), PGT (Pengujian Genetik Praimplantasi).
 
Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) adalah lembaga pemerintah yang telah dipercayakan tanggung jawab untuk mengatur kancah perjalanan kesehatan negara tersebut. 

Didirikan pada tahun 2009, MHTC bekerja untuk merampingkan pemain industri dan penyedia layanan dalam memfasilitasi dan mengembangkan industri perjalanan perawatan kesehatan Malaysia di bawah merek “Malaysia Healthcare” dengan tujuan menjadikan Malaysia sebagai tujuan perawatan kesehatan global terkemuka.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021