Petugas Propam Polres Sukabumi Kota melakukan pemeriksaan kepada para personel Polri pemegang senjata api dinas baik yang bertugas di wilayah polres maupun polsek pada kegiatan penegakan dan penertiban disiplin.

"Pemeriksaan yang kami lakukan kepada para personel pemegang atau pemilik senjata api ini merupakan kegiatan rutin untuk mengetahui sejauh mana kesiapan dan kelengkapan senjata api yang digunakan untuk menjalankan tugas," kata Kepala Seksi Propam Polres Sukabumi Kota Iptu Asep Jaenal Abidin di Sukabumi, Kamis.

Personel yang dilengkapi senjata api tersebut tentunya harus merawat dan memeriksa kondisinya secara rutin, karena jika kondisi darurat yang mengharuskan senjata tersebut digunakan sesuai (standar operasional prosedur) sudah dalam kondisi siap.

Selain itu, tidak seluruh anggota kepolisian dilengkapi dengan senjata api dinas karena sebelum mendapatkan izin harus menjalani berbagai tahapan pengujian serta penilaian terlebih dahulu apakah personel tersebut layak atau tidak dibekali senjata api untuk menunjang tugasnya.

Maka dari itu, pemeriksaan yang dilakukan pihaknya secara mendadak kepada para personel Polri yang bertugas di polres dan polsek di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota untuk melihat kesiapan maupun administrasi kepemilikan senjata api yang dimiliki oleh masing-masing personel.

Selain itu, kebersihan senjata api tersebut tidak luput dari pemeriksaan anggota propam dan masa berlaku kartu pinjam pakainya turut diperiksa secara detail apakah sudah kedaluarsa atau belum.

"Dari hasil pemeriksaan kepada sejumlah personel, kami belum menemukan adanya anggota pemegang senjata api yang melanggar aturan terkait kepemilikan senjata dinas tersebut. Seluruh senjata api yang diperiksa dalam kondisi bersih atau layak, lengkap surat-surat administrasinya dan masa berlaku kartu pinjam pakainya pun tidak ada yang kedaluarsa," tambahnya.

Asep mengatakan pemeriksaan yang dilakukan pihaknya ini untuk meningkatkan profesionalisme setiap personel dalam melaksanakan tugasnya. Tentunya, hal itu sesuai dengan tagline Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk mewujudkan Polri yang prediktif, responsibilitas, transparansi berkeadilan (presisi).

Diharapkan pelayanan Polri kepada masyarakat baik pelayanan publik maupun penegakan hukum selalu terwujud. Pihaknya yang merupakan unsur pembantu pimpinan di bidang pembinaan personel memiliki komitmen untuk tetap konsisten melakukan pembinaan dan pengawasan demi menciptakan Polri dan aparatur sipil negara (ASN) yang profesional dalam menjalankan berbagai tugasnya. 

Baca juga: Personel TNI-Polri blusukan berikan bansos warga terdampak COVID-19 di Sukabumi
Baca juga: Polres Sukabumi Kota ikut rayakan HUT TNI sebagai wujud sinergitas
Baca juga: Polres Sukabumi Kota pertemukan pengurus dua ormas yang sempat bertikai

 
 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021