Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat memperpanjang target penuntasan vaksinasi yang semula diharapkan mencapai 100 persen pada September 2021, mundur beberapa waktu ke depan.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bogor Erna Nuraena, Kamis mengatakan hingga akhir September vaksinasi telah mencapai 81,95 persen target sasaran atau 671.534 orang dari 819.444 orang warga.

Dinkes bersama tim pemburu vaksin yang telah dibentuk bersama Kesatuan TNI dan Kepolisian Resor Kota Bogor akan mengejar 18,5 persen target sasaran atau sebanyak 15.159 orang masyarakat yang belum juga mau divaksin.

Baca juga: Memacu langkah tuntaskan vaksinasi COVID-19 di Kota Bogor

Mereka, kata Erna, kebanyakan adalah warga lanjut usia (lansia), memiliki penyakit bawaan (komorbid), dan para penyintas atau orang yang pernah terinfeksi COVID-19.

Tim pemburu yang terdiri atas srikandi Satpol PP Kota Bogor, karyawati dinas perhubungan, polwan, Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad), dan Wanita Angkatan Udara (Wara) siap mndatangi warga tersebut.

Gabungan petugas wanita itu akan membantu mengejar kekurangan target yang disampaikan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto pada pekan lalu, bahwa paling tidak warganya 90 persen telah divaksin akhir bulan ini.

Baca juga: Pemkot, TNI, dan Polresta Bogor bersinergi bentuk Tim Pemburu Vaksinasi

Bima Arya sempat menegaskan ekonomi warganya akan semakin membaik menjelang penetapa PPKM Level 2, jika aktivitas masyarakat selama pelonggaran PPKM Level 3 ini bisa menjaga protokol kesehatan.

"Target waktu masih melihat situasi di lapangan, tim akan melakukan pendekatan secara humanis untuk mengedukasi dan mengajak masyarakat hingga bersedia mengikuti vaksinasi dengan berkeliling hingga level RW," kata Erna.

Baca juga: Pemkot Bogor optimistis vaksinasi COVID-19 dosis pertama capai 100 persen akhir September

Erna menyampaikan pada Bulan September sebenarnya terdapat kenaikan 19,97 persen atau 163.642 orang warga yang mau mengikuti vaksinasi, dari capaian Bulan Agustus sebanyak 61,98 persen atau 507.891 orang warga.

Saat ini, katanya, Dinkes bersama tim pemburu vaksin terus melakukan pelayanan vaksinasi di wilayah dengan mendekat ke tempat tinggal warga.

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021