Upaya Palang Merah Indonesia (PMI) dalam menaggulangi pandemi COVID-19 berlanjut dengan dukungan dari Federasi Palang Merah Internasional dan Bulan Sabit Merah (IFRC) dengan memproduksi materi Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) di pulau Jawa dan Bali yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai isolasi mandiri dan pentingnya mengimplementasikan protokol kesehatan.

Lebih dari 2.500 materi yang terdiri dari stiker, spanduk untuk kendaraan, serta poster yang digunakan oleh relawan dan staf PMI di provinsi untuk dapat melakukan upaya edukasi mengenai isolasi mandiri serta membantu untuk menghilangkan stigma sosial saat kerabat atau individu terpapar COVID-19.

Baca juga: Pandemi COVID-19 tak hentikan PMI Kota Batam gelar Masa Orientasi PMR virtual
Baca juga: PMI gunakan radio untuk pangkas hoaks COVID-19 di masyarakat

“Pesan-pesan informasi ini diantaranya tentang Isolasi Mandiri yang kami buat untuk dsampaikan relawan-relawan kami kepada masyarakat agar membantu meningkatkan pemahaman tentang bagaimana melakukan isolasi mandiri,” ujar Aulia Arriani dari Pelibatan Masyarakat Palang Merah Indonesia.  

Kegiatan ini juga turut mendukung upaya giat PMI yang bertajuk “Jangan Lengah, Covid Belum Musnah” agar masyarakat sadar bahwa tingkat penyebaran COVID-19 di Indonesia masih marah. Mematuhi protokol kesehatan 6M serta berusaha untuk beradaptasi dengan keadaan menjadi sangat penting agar kehidupan dapat berjalan dengan baik.

Sekitar 7.000 Relawan PMI beserta staf di seluruh penjuru Indonesia menjadi garda terdepan untuk memberikan edukasi preventif serta bantuan yang mendukung masyarakat di tengah pandemi ini seperti mendukung kegiatan Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan tingkat vaksinasi nasional agar kekebalan masal segera dicapai, memberikan informasi akurat untuk menepis hoaks, hingga memastikan stok darah cukup bagi mereka yang membutuhkan.

Baca juga: PMI Cilegon gencarkan promosi kesehatan pada anak cegah COVID-19

“Penempatan media Komunikasi, Informasi dan Edukasi, membantu kami para petugas Palang Merah Indonesia untuk senantiasa mengingatkan masyarakat agar tidak lengah dengan tetap disiplin mengimplementasikan protokol kesehatan 6M jika ingin terhindar dari Covid-19,” tambah Topan dari Palang Merah Indonesia Cabang Provinsi Bali.  

Pandemi COVID-19 telah memberi dampak yang signifikan terhadap kehidupan bermasyarakat. PMI melalui dukungan IFRC berupaya untuk memastikan masyarakat mendapatkan bantuan yang dibutuhkan secara cepat, efisien, dan tepat sasaran.

Pewarta: PMI/Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021