Bandung, (Antara Megapolitan) - Kontingen Sumatera Selatan (Sumsel) menyabet juara di dua kategori sekaligus, yakni Kadet dan Junior dalam babak Kualifikasi PON XIX/2016 dan Kejuaraan Nasional Anggar 2015. 

Ketua Pengurus Besar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (PB Ikasi) Agus Suparmanto dalam keterangan tertulisnya, Minggu mengatakan kemenangan Sumsel merupakan salah satu bukti prestasi cabang olahraga Anggar di tingkat nasional. Namun, perjuangan belum selesi sampai di sini. 

"Kita masih harus mempersiapkan diri untuk SEA Games. Targetnya harus dapat emas," katanya.   

Sementara itu Pelatih Anggar Sumsel Lucky Ramdhani mengakui, para atlet anggar sudah berprestasi tingkat nasional dan internasional. 

Prestasi anggar Sumsel telah menembus level nasional dengan menjadi juara umum pada PON XVIII di Riau tahun 2012 setelah mengumpulkan 4 emas, 5 perak, dan 5 perunggu. 

Selain itu, beberapa atlet Sumsel saat ini tercatat bergabung dalam Tim Nasional SEA Games 2015 di Singapura.


"Membina anggar Sumsel sama dengan membina anggar Indonesia. Sejak berdiri, sudah 266 medali disumbangkan dan sejak SEA Games tahun 1997 selalu ada atlet yang masuk Timnas," ujarnya.

Dalam kejurnas ini, ada empat kategori yang dipertandingkan. Yakni, pra-kadet, kadet, junior dan senior. Kategori pra-kadet dijuarai oleh DKI Jakarta, sedangkan senior oleh Kalimantan Timur. 

Adapun Sumatera Selatan keluar sebagai Juara Umum, karena memenangkan dua kategori, yakni kadet dan junior.

Sebelumnya, ajang ini dimulai pada Sabtu (12/9) lalu dan dibuka oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandy dan Ketua Umum KONI Tono Suratman. 

Sedangkan penutupannya dilakukan oleh Ketua PB Ikasi Agus Suparmanto, didampingi Wakil PB Ikasi Harry Josy, Ketua Panitia Pelaksana Kejurnas Anggar 2015 Khairuman, dan seluruh Ketua Umum Pengprov Ikasi. 

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015