Senat Keluarga Mahasiswa Universitas Pancasila kembali melakukan Pancasila Mengabdi di tengah pandemi COVID-19 dengan memberangkatkan sebanyak 20 orang mahasiswa.

Mahasiswa UP tersebut diberangkatkan oleh Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Pancasila, Dr. Prima Jiwa Osly, S.T., M.Si. menuju Kampung Kukuk Sumpung, Desa Gobang, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. 

"Harapan kami, seluruh volunteer Pancasila mengabdi dapat menjaga nama baik almamater dan jangan lupa untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," kata Prima dalam keterangannya, Sabtu.

Para mahasiswa tersebut akan melakukan pegabdian masyarakat selama 10 hari dengan terjun langsung di masyarakat.

Baca juga: UP berikan beasiswa untuk mahasiswa baru berprestasi bidang sosial kemasyarakatan

Acara pelepasan volunteer Pancasila mengabdi ini dilakukan secara daring yang dihadiri oleh Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni, Ketua Senat dan fungsionaris KMUP serta para relawan Pancasila Mengabdi 2021. 

Pelepasan diawali dengan doa bersama dan dilanjutkan dengan sambutan Ketua Senat KMUP, Ricky Sinaga. Dalam sambutannya Ricky menyampaikan bahwa Pancasila Mengabdi tahun ini adalah Pancasila Mengabdi ketiga yang dilaksanakan oleh Senat KMUP. 

"Kondisi ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Pancasila Mengabdi kali ini merupakan Pancasila Mengabdi ketiga dan sekaligus Pancasila Mengabdi Pertama yang dilaksanakan di tengah Pandemi Covid-19," katanya.

Baca juga: FHUP bahas penjelasan tentang persidangan online

Ia mengatakan setelah melalui proses yang panjang dan koordinasi antara pihak Universitas dan Pemerintah Setempat akhirnya Pancasila Mengabdi 2021 dapat dilaksanakan.

Pancasila mengabdi ini merupakan salah satu wujud dari implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dan sejalan dengan Visi dan Misi Senat KMUP yaitu memberikan kontribusi positif dalam lingkungan bermasyarakat. 

Baca juga: Program kampus merdeka, Fikom UP gelar lokakarya UMKM

Ricky berpesan supaya setiap volunteer tetap menjaga protokol kesehatan dan mengedukasi masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Dalam sambutan pelepasannya Prima berpesan supaya seluruh volunteer menjaga nama baik almamater dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. 

Pancasila Mengabdi 2021 merupakan salah satu program kerja Senat KMUP yang bertujuan untuk memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan masyarakat. Pancasila Mengabdi 2021 mengangkat tema “Persembahan dari Nurani, Dedikasi kepada Negeri” yang merupakan tekad dari Senat KMUP dan para relawan untuk memberikan sumbangsih positif bagi lingkungan masyarakat khususnya Kampung Kukuk Sumpung, Desa Gobang. 

Kegiatan ini dilaksanakan selama sepuluh hari dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat melalui pendampingan dan monitoring Senat dan BP KMUP.

Pewarta: Pewarta Antara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021