Lampu penerangan di komplek Taman Makam Pahlawan (TMP) Kabupaten Karawang, Jabar, dipadamkan, digantikan dengan nyala obor pada kegiatan tabur bunga dan malam renungan suci pada Hari Ulang Tahun  ke-76 Republik Indonesia pada Selasa dini hari.

“Momentum ini (malam renungan suci) penting untuk kita renungkan, sebab jasa para pahlawan sangat besar bagi bangsa ini dalam merebut kemerdekaan”, kata Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, di Karawang, Selasa.

Baca juga: Untuk pertama kalinya Pemkab Karawang gelar upacara HUT RI di Rengasdengklok
Baca juga: Warga binaan dan petugas Lapas di Karawang menari bersama peringati HUT kemerdekaan RI

Kegiatan tersebut diikuti jajaran Pemkab Karawang beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Karawang.

Acara yang berlangsung selama sekitar 30 menit itu dipimpin Kapolres Karawang AKBP Aldi Soebartono selaku Inspektur upacara.

Kapolres Karawang Aldi Subartono yang bertugas sebagai inspektur upacara memberikan penghormatan kepada para pahlawan di antaranya Angkatan Bersenjata 280 orang, pegawai sipil 120 orang dan pahlawan tak dikenal 34 orang yang bersemayam di komplek TMP Karawang seluas 4 hektare.

Baca juga: Bendera merah putih raksasa diarak di Rengasdengklok

Semenjak itu, saat lampu penerangan di TMP dipadamkan dan diganti dengan nyala obor, kapolres melaksanakan tabur bunga diikuti oleh bupati serta jajaran Forkompinda lainnya.

Menurut bupati, kegiatan yang digelar setiap tahun tersebut dimaksudkan untuk mengenang para Pahlawan yang rela mengorbankan jiwa raganya demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021