Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Jawa Barat, mendukung upaya pelaku UMKM di Kota Bogor menggeliatkan perekonomian rakyat pada kondisi pandemi COVID-19 saat ini dengan kegiatan Galeri UMKM yang mempromosikan produk mereka

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim, di Kota Bogor, Rabu, mengatakan, Pemkot Bogor mendukung langkah-langkah yang dilakukan pelaku UMKM untuk terus berkembang dan maju.

Menurut Dedie A Rachim, Pemkot a Bogor melalui Dinas Koperasi dan UKM memiliki program pembinaan terhadap pelaku UMKM di kota itu. 

Baca juga: Mahasiswa IPB bantu UMKM Kota Bogor kembangkan website untuk pasarkan produk

Dinas Koperasi dan UKM Kota Bogor saat ini juga telah memiliki platform digital untuk memfasilitasi pelaku UMKM memasarkan produknya secara lebih luas melalui market place.

Sebelumnya Dinas Koperasi dan UKM Kota Bogor bekerja sama dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Menteng, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, menyelenggarakan Galeri UMKM, di Jalan Mawar, Kelurahan Menteng, Kota Bogor, yang diikuti sekitar 50 pelaku UMKM.

Produk UMKM yang dipromosikan, mulai dari kuliner, jamu tradisional, souvenir dari kayu dan bambu, mainan anak-anak, lukisan, hingga pakaian.

Dedie A Rachim, saat meluncurkan kegiatan Galeri UMKM, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan langkah baik untuk membantu pelaku UMKM mengembangkan usaha mereka di tengah  pandemi COVID-19. 

Baca juga: Pemkot Bogor dan Polresta kolaborasi bangkitkan UMKM

"Saya mengapresiasi apa yang dilakukan pelaku UMKM bersama aparat wilayah dan difasilitasi oleh dinas terkait. Kami mendukung agar pelaku UMKM ini bisa berkembang dan maju," katanya.

Dedie mengharapkan pelaku UMKM yang saat ini mempromosikan produk mereka pada kegiatan Galeri UMKM ke depannya dapat mendistribusikan produk mereka ke gerai Dekranasda Kota Bogor maupun di mal di Kota Bogor.

Sementara itu Lurah Menteng Kota Bogor Arief Rachman Badrudin mengatakan kegiatan Galeri UMKM ini terlaksana karena banyaknya potensi ekonomi berbasis UMKM di Kelurahan Menteng, yang dipasarkan masing-masing.

Baca juga: Kembangkan UMKM, Pemkot Bogor bangun kerja sama dengan swasta

Menurut Arief Rachman, di Kelurahan Menteng ada sekitar 180 pelaku UMKM mulai dari skala rumahan sampai skala nasional, tapi yang difasilitasi melalui dinas terkait baru sekitar 50 pelaku UMKM.

"Melalui kegiatan Galeri UMKM ini kita harapkan pelaku UMUM dapat memiliki kesempatan yang sama. Pelaku UMKM yang belum maju dapat belajar untuk menjadi maju," katanya.

Arief menambahkan pelaku UMKM yang belum maju akan dibina secara bertahap, bagaimana mengelola manajemen, membangun sistem, dan sebagainya, agar mereka dapat maju.

Pewarta: Riza Harahap

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021