Serang (Antara Megapolitan) - Provinsi Banten siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan Festival Film Indonesia (FFI) yang akan diselenggarakan pada Desember 2015.

"Kami siap menjadi tuan rumah. Nanti pelaksanaanya dimulai dengan 'launching' pada 22 Oktober 2015 di Kota Serang. Kemudian dilanjutkan dengan pendaftaran film dan beberapa kegiatan sampai penjurian dan penutupannya di ICE Tangerang Selatan," kata Gubernur Banten Rano Karno di Serang, Rabu.

Ia mengatakan kegiatan rangkaian FFI tersebut akan dipusatkan di beberapa lokasi terutama di Kota Serang sebagai Ibu Kota Provinsi Banten, seperti pawai artis dan pembukaan di pendopo lama Gubernur Banten di Jalan Brigjen Kyai Syam'un Kota Serang.

Menurutnya, tema yang diangkat dalam FFI 2015 tesebut yang lebih menariknya adalah mengenai sosok seorang sutradara, yakni Teguh Karya yang ternyata merupakan orang Pandeglang Banten.

"Banyak orang tidak tahu kalau Teguh Karya itu orang Banten. Bahkan kemarin saya juga usulkan ada yang lebih hebat yaitu Bing Slamet, itu orang Banten juga, yakni orang Serang," kata Rano Karno.

Menurutnya, Pemprov Banten yang ditunjuk sebagai tuan rumah harus menyiapkan segalanya seperti fasilitas dan anggaran. Walaupun tetap anggaran yang besar untuk penyelenggaraan kegiatan tersebut dari panitia pusat di Jakarta.

Ia mengatakan, tujuan diselenggarakannya FFI di Banten yakni dalam upaya mendongkrak pariwisata Banten dan kebudayaan. Bahkan, Pemprov Banten juga menawarkan untuk latar belakang dari kegiatan tersebut adalah mesjid Banten Lama.

"Nanti juga pas 'closing' saya minta kepada panitia untuk menampilkan Marching Band Gita Surosowan dan Seni Rampak Bedug. Karena yang saya ingin jual dari penyelenggaraan FFI ini adalah parisiwata dan seni budaya Banten," kata Rano.  
 
    

Pewarta: Mulyana

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015