Jakarta (Antara Megapolitan) - Beberapa warga kecewa tidak dapat memasuki kawasan wisata Monumen Nasional pada libur Hari Kemerdekaan, Senin siang.

"Saya tidak tahu kalau Monas libur tiap Senin, jadi terpaksa jalan-jalan saja di luar," kata Dina Wiranti (26) ketika ditemui Antara di gerbang sisi utara Monas, Jakarta.

Dina yang berdomisili di Tangerang Selatan tersebut sengaja mengunjungi sekitaran Monas untuk melihat pelaksanaan Upacara Detik-detik Proklamasi di Istana Negara.

Salah satu petugas keamanan gerbang utara Monas, Ariansyah, membenarkan bahwa kawasan Monas memang tutup tiap Senin untuk alasan perawatan mingguan.

"Tidak akan dibuka hari ini," katanya ketika ditanya apakah Monas akan ada kekhususan untuk buka pada Hari Kemerdekaan.

Pengunjung lainnya, Awan Karsa, mengaku kecewa karena dirinya tidak bisa memasuki kawasan Monas.

"Padahal ini hari libur, seharusnya tidak tutup," ucap pria warga Depok tersebut.

Berdasarkan pemantauan Antara hingga Senin siang, beberapa warga masih tampak memadati kawasan sekitar Stasiun Gambir hingga Jalan Medan Merdeka Utara.

Kerumunan warga sempat terpusat di depan Istana Negara ketika dilakukan Upacara Detik-detik Proklamasi.

Setelah upacara usai, warga menyebar ke berbagai lokasi terutama di kawasan taman di bawah lintasan kereta api di sisi utara Stasiun Gambir.

Beberapa personel keamanan dari Polsek Metro Gambir tampak berjaga-jaga sambil berkeliling menggunakan mobil untuk memberikan anjuran keamanan kepada warga. 

Pewarta:

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015