Mutiara Rahma Putri (16) pelajar SMA Negeri 5 Jambi, berhasil mencetak sejarah di nomor rowing ganda putri berhasil lolos ke Olimpiade Tokyo 2021, bersama pasangannya Melani Putri atlet asal Jawa Barat setelah meraih tiket ke Olimpiade lewat kejuaraan World Rowing Asia and Oceania Olympic and Paralympic Qualification Reggata.

Ketua PODSI Jambi drg Iwan Hendrawan di Jambi Kamis, mengatakan bahwa Mutiara adalah sosok atlet yang saat ini menjadi atlet andalan jambi untuk masa depan karena pada SEA Games lalu berhasil meraih medali emas.

Menurut drg Iwan, Mutiara kini berada di Pelatnas sejak tahun 2020 setelah SEA Games Filipina 2019 yang memang dipersiapkan untuk mengikuti kualifikasi Olimpiade Tokyo dan ternyata berhasil lolos.

Baca juga: Dayung Indonesia meraih tiket Olimpiade Tokyo

Tentunya yang diharapkan, Mutiara juga berhasil membawa nama baik Indonesia khususnya Provinsi Jambi di kancah Olimpiade Agustus 2021 mendatang di Tokyo.

Kemudian, Pembinaan Prestasi (Bimpres) Podsi Jambi Raden Iqbal menambahkan, bahwa Mutiara bukan hanya akan bertanding di Olimpiade Tokyo saja, tetapi di beberapa kejuaraan yang akan digelar juga dipersiapkan untuk memperebutkan juara.

"Selain Tokyo, Mutiara juga bakal turun di Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua Oktober 2021 mendatang, untuk memperkuat tim dari Jambi, termasuk Riska Andriani atlet dayung yang pernah menyabet medali perak di Asian Games 2018 lalu," katanya.

Baca juga: Delapan atlet dayung Indonesia bertekad merebut tiket olimpiade

Sementara dalam persiapan menuju pertandingan tentunya PODSI perlu dukungan dari semua pihak, terlebih Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi dalam hal ini Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Diskepora) agar kiranya dapat memberikan dukungan penuh kepada atlet-atlet terbaik Jambi.

"Mereka atlet atlet terbaik Jambi, termasuk yang bakal turun di PON mendatang sebanyak 12 orang atlef bakal bertanding berjuang membawa nama baik Jambi, jadi kita butuh fasilitas penunjang yaitu perahu untuk bertanding," kata Iqbal.

Sejauh ini para atlet yang akan bertanding di PON, terus melakukan latihan sejak awal tahun, berharap Dayung Jambi kembali menyambet medali dan benar adanya untuk disegani.

Baca juga: 7 pedayung Indonesia ikuti prakualifikasi Olimpiade di Tokyo Jepang

Atlet dayung Jambi selama ini, setiap kali ada pertandingan selalu mendapat prestasi, jadi harapannya agar benar-benar disuport apa yang menjadi kebutuhan para atlet dayung Jambi.

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021