Bogor, (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat, memusatkan pelaksanaan shalat Idul Fitri 1436 Hijriah di Kebun Raya Bogor, yang rencananya dihadiri Wali Kota Bima Arya Sugiarto, Wakil Wali Kota Usmar Hariman, beserta jajaran muspida dan masyarakat setempat.

"Insya Allah, Pak Wali dan Wakil akan shalat Idul Fitri berjamaah bersama warga Kota Bogor dipusatkan di Kebun Raya Bogor tepatnya di Lapangan Anggrek," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kota Bogor Encep Moh Ali Alhamidi di Bogor, Kamis.

Ia mengatakan shalat Idul Fitri akan dilaksanakan mulai pukul 06.30 WIB. Masyarakat yang ingin shalat berjamaah dengan Pemerintah Kota Bogor dapat masuk melalui pintu III Kebun Raya Bogor.

Ia mengatakan yang akan bertindak sebagai khatib dan juga imam shalat Idul Fitri adalah Guru Besar IPB, yakni Prof Kudang Boro Seminar. Wali kota juga akan memberikan sambutan hari raya bersama laporan penerimaan zakat oleh Ketua Baznas Kota Bogor.

Hal itu, katanya, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di mana pelaksanaan shalat Idul Fitri biasanya dipusatkan di Plaza Balai Kota Jalan Juanda.

Menurut Encep, pelaksanaan shalat Idul Fitri di Kebun Raya Bogor bertujuan mengajak masyarakat lebih mendekatkan diri kepada alam.

"Lokasi di Kebun Raya juga cukup besar bisa menampung lebih banyak jamaah. Selain itu, juga untuk mengajak masyarakat lebih dekat dan mencintai alam, melalui momentum hari raya ini," kata Encep.

Ia mengatakan usai shalat Idul Fitri, wali kota diagendakan "open house" di rumah dinasnya di Jalan Padjajaran untuk menerima tamu dari masyarakat maupun kalangan pejabat yang datang bersilaturahim.

Ia juga mengatakan pada hari pertama Idul Fitri, wali kota tidak memiliki agenda berlebaran dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor karena Presiden diagendakan berlebaran di Aceh.

"Usai shalat, wali kota menuju rumah dinas, akan ada `open house` terbuka untuk warga masyarakat Kota Bogor. Tidak ada agenda berlebaran dengan Presiden, karena Presiden ada di Aceh," kata Encep.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015