Karawang, (Antara Megapolitan) - Dinas Perindustrian Perdagangan Pertambangan dan Energi Kabupaten Karawang, Jawa Barat, memastikan kebutuhan gas elpiji 3 kilogram selama Ramadhan aman, karena stok kebutuhannya sudah ditambah puluhan ribu tabung per hari.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Pertambangan dan Energi setempat Hanafi mengatakan, hingga kini pihaknya sudah menambah 504.000 tabung gas 3 kilogram, untuk mengantisipasi tingginya kebutuhan gas selama Ramadhan.

"Dari penambahan stok itu, maka setiap hari diperkirakan ada penambahan 63 ribu tabung gas elpiji 3 kilogram," katanya, saat dihubungi di Karawang, Senin.

Ia mengatakan, hingga menjelang pekan kedua Ramadhan, kebutuhan gas elpiji 3 kilogram masih aman. Di lapangan nyaris tidak terjadi adanya kelangkaan gas.

Jika masih ditemukan adanya kekosongan atau kelangkaan gas elpiji di lapangan, Hanafi menyatakan, masih bisa dilakukan penambahan pasokan.

Catatan Dinas Perindustrian Perdagangan Pertambangan dan Energi setempat, total kebutuhan gas 3 kilogram di Karawang mencapai 1,8 juta tabung per bulan. Itu dihitung dari jumlah per kapita di seluruh kecamatan.

Hanafi mengakui kebutuhan gas elpiji 3 kilogram belum tepat sasaran, tidak sesuai dengan ketentuannya yang menyebutkan kalau gas elpiji 3 kilogram atau gas bersubsidi khusus untuk masyarakat miskin.

Ia mengaku akan melakukan perbaikan agar gas elpiji 3 kilogram itu benar-benar digunakan masyarakat miskin. Perbaikan bisa dilakukan dari teknis pendistribusian gas elpiji tersebut.

Pewarta: M Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015