Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok Jawa Barat menggelar bazar digital usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang dilaksanakan mulai 26-30 April 2021 untuk memeriahkan hari ulang tahun ke-22 Kota Depok.

Kepala DKUM Kota Depok, Mohammad Fitriawan dalam keterangannya, Selasa menjelaskan terdapat sebanyak 326 pelaku UMKM yang akan berpartisipasi pada bazar ini, dengan menghadirkan 1.000 produk UMKM unggulan.

"Berbagai produk digelar dalam bazar tersebut, seperti produk kuliner, fesyen maupun kerajinan tangan," jelasnya.

Baca juga: Wakil Wali Kota Depok ajak pelaku usaha jual produknya dengan daring

Dikatakannya, bazar diadakan melalui situs pasarsedekah.com. Lewat situs ini, pembeli dapat memilih berbagai produk yang disukai bertanda DKUM Depok, kemudian lakukan pembayaran, dan pilih pengiriman. Setelah itu, barang dikirim ke lokasi yang ditentukan.

Dia menambahkan, ada juga beragam diskon yang disediakan. Seperti, gratis ongkos kirim dan harga serba RP22 sesuai dengan HUT ke-22 Kota Depok.

"Mari kita dukung UMKM bangkit. Kita beli, kita promosikan lalu pasarkan, karena belanja, kita menguatkan mereka," katanya.

Baca juga: Disperdagin Depok fasilitasi pelaku IKM peroleh sertifikat HKI

Wali Kota Depok, Jawa Barat, Mohammad Idris menyatakan UMKM selama ini mampu menggerakkan roda perekonomian Kota Depok.

"UMKM mampu menggerakkan roda perekonomian sebagai penyumbang kenaikan laju pertumbuhan ekonomi (LPE) Kota Depok," kata Idris.

Menurut dia tumbuhnya UMKM berkontribusi besar dalam mengentaskan kemiskinan di Kota Depok, karena melalui usaha yang didirikan oleh masing-masing anggota kelompok, banyak tenaga kerja yang terserap.

Baca juga: Dekranasda Kota Depok dorong perluasan pasar UMKM

Untuk meningkatkan kemampuan pelaku UMKM, Pemkot Depok telah melakukan berbagai cara, salah satunya menjalin kerja sama dengan mitra pemerintah untuk peningkatan kapasitas UMKM.

"Kami bersama mitra pemerintah membantu penambahan permodalan untuk UMKM, sifatnya corporate social responsibility (CSR), dan bantuan-bantuan yang lebih mengutamakan kepentingan orang banyak," ujarnya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021