Karawang, 21/4 (ANTARA) - Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf Macan Effendi membuka pawai taaruf Musabaqah Tilawatil Qur'an ke-32 tingkat Jawa Barat, yang diikuti ribuan peserta atau kafilah dari 26 kabupaten/kota se-Jabar, jalan raya Tuparev, Kabupaten Karawang, Sabtu.

Dalam kesempatan itu, wagub berharap pelaksanaan Musabaqah Tilawatil QUr'an ke-32 tingkat Jawa Barat yang digelar di Karawang mulai 21-27 April 2012 berjalan lancar. Sebab, pemenang MTQ tersebut akan mewakili Jawa Barat pada MTQ tingkat nasional mendatang.

"Dari kabupaten/kota manapun yang akan juara dalam MTQ tingkat Jabar kali ini akan mewakili Jabar pada MTQ tingkat nasional nanti di Ambon," kata wagub, di Karawang.

Kegiatan pawai taaruf yang dilakukan sebagai kegiatan pembuka MTQ tingkat Jabar di Karawang tersebut dihadiri sejumlah bupati/wali kota se-Jawa Barat.

Masing-masing perwakilan kafilah MTQ dari 26 kabupaten/kota itu mengikuti pawai taaruf di sepanjang jalan raya Tuparev sepanjang sekitar 4 kilometer, dengan menampilkan sejumlah pertunjukan seni dan budaya.

Tuan rumah Kabupaten Karawang menampilkan pertunjukan seni egrang yang pemainnya menggunakan pakaian gamis warna putih. Selain itu, juga ditampilkan pertunjukan barongsai serta berbagai jenis kesenian khas Karawang lainnya.

Kafilah dari Purwakarta menampilkan pertunjukan yang cukup menonjol dibandingkan dengan kafilah-kafilah lainnya.

Dalam pawai taaruf, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi ikut longmarch dengan diapit dua bocah mirip tuyul yang sekujur badannya  dilumuri lumpur.  

Penampilan yang dipertunjukkan kafilah dari Purwakarta itu nyaris mendapat perhatian masyarakat Karawang yang antusias menonton pawai taaruf. Ditambah lagi dengan menampilkan pertunjukan seni tari nyere.  

Sementara itu, dalam MTQ tingkat Jawa Barat tersebut, kafilah dari 26 kabupaten/kota se-Jawa Barat akan mengikuti berbagai pertandingan, seperti musabaqoh hifzil quran, musabaqoh sarhil quran, musabaqohsarhil fahmil, tafsir bahasa Arab, M2IQ (musabaqoh, Menulis Isi Kandungan Ilmua Alqiran, dan kaligrafi.

Ali K

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012