Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, akan mengantisipasi kemungkinan terjadinya kenaikan harga bahan pokok di daerahnya saat menjelang Ramadhan.

Bupati Purwakata Anne Ratna Mustika, di Purwakarta, Kamis mengatakan untuk sementara ini sejumlah harga kebutuhan pokok di wilayah Purwakarta masih aman.

Baca juga: Pemkab Purwakarta siap gelar bazar murah di 13 kecamatan selama Ramadhan

Berdasarkan laporan yang diterima dari organisasi perangkat daerah (OPD), tingkat harga sejumlah komoditas yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat di Purwakarta menjelang bulan suci Ramadan dan hari raya Idul Fitri masih relatif aman.

"Tapi memang ada beberapa komoditi sayuran yang distribusinya terganggu, karena kita masih mengandalkan pasokan dari luar daerah, seperti cabe rawit dan cabe merah,” katanya.

Baca juga: Pemkab Purwakarta siapkan 150 ton beras untuk bazar murah

Untuk protein hewani seperti telor dan ayam potong juga masih memiliki tingkat harga yang aman, apalagi beberapa industri dan peternak ayam potong di Purwakarta stoknya masih memadai.

"Untuk daging sapi masih di harga Rp110-120 ribu per kilogram,” katanya.

Bupati menyampaikan, untuk membantu meningkatkan daya beli masyarakat, Pemkab Purwakarta sudah merancang operasi pasar di beberapa wilayahnya.

Baca juga: Pemkab Purwakarta gelar pasar murah sambut Ramadhan

"Sudah ada perencanaan, kita akan mempersiapkan operasi pasar. Tentu dalam operasi pasar nanti diatur agar tidak sampai menimbulkan kerumunan, mengingat masih dalam masa pandemi COVID-19," katanya.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021