Sukabumi, (Antara Megapolitan) - Kecelakaan maut merenggut tiga nyawa dan puluhan korban luka-luka di Jalan Cikidang-Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Senin (25/5) akibat truk yang mengangkut 65 personel drum band Remaja Masjid Al-Ikhlas remnya blong.

"Dari hasil penyelidikan sementara, kasus kecelakaan tunggal truk diesel bernopol E 8834 VC yang mengangkut anggota drum band dari Kampung Bantarkaret, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi terguling di Jalan Alternatif Cikidang-Palabuhanratu disebabkan rem truk tersebut blong," kata Kepala Unit Kecelakaan Lalu Lintas Polres Sukabumi Kota, Ipda Hermansyah di Sukabumi, Selasa.

Menurutnya, truk yang dikemudikan Hijaj ini terguling saat berada di tikungan tajam dan curam, sehingga tiga anggota drum band tewas di lokasi yakni Intan (17) warga Kampung Cikaroya, Desa Cibolangkaler, Kecamatan Cisaat, serta Dede (18) asal Kampung Genteng, Desa Lembursawah, Kecamatan Cicantayan dan Yusa (26) Kampung Sukamanah, Kecamatan Cisaat.

Selain menyebabkan tiga orang tewas, delapan korban lainnya kritis serta yang lainnya mengalami luka berat dan ringan. Pihaknya menduga, kecelakaan juga disebabkan sopir tidak menguasai medan jalan dan muatan truk yang berlebih. Hingga saat ini, pihaknya masih melakukan penyelidikan akibat kecelakaan maut tersebut.

"Untuk sopir masih kami periksa beserta saksi lainnya baik yang berasal dari korban maupun warga yang melihat kejadian kecelakaan tunggal itu," tambahnya.

Sementara, salah seorang penumpang selamat, Ripal (16) mengatakan dirinya melihat sopir mencoba memberhentikan laju kendaraannya, tetapi saat menginjak rem kecepatan truk tidak berkurang. Saat di tikungan, truk langsung terguling dan melihat rekan-rekannya yang duduk di bak truk sudah berhamburan di aspal.

"Waktu kejadian saya duduk di samping sopir, saat akan melintasi tingkungan sopir mencoba menginjak rem sebanyak tiga kali tetapi tidak berhenti dan akhirnya truk terguling. Saya bisa keluar dari kendaraan ini setelah menerobos kaca depan truk yang sudah pecah," katanya.

Hingga saat ini, puluhan anggota drum band yang mengalami kecelakaan di Jalan Cikidang-Pelabuhan Ratu tepatnya di Kampung Lebakwangi, Desa Cijambe, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi pada Senin (25/5) masih menjalani perawatan medis di tiga RSUD di Kota dan Kabupaten Sukabumi. Untuk yang luka ringan sudah diizinkan pulang dan tiga jenazah korban sudah dikebumikan Selasa pagi.

Pewarta: Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015