Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi membagikan 300 lembar masker kepada para pedagang serta pengunjung Pasar Serang, Kecamatan Cikarang Selatan, pada Selasa (2/2).

"Pembagian masker ini sebagai ikhtiar kami membantu pemerintah dalam rangka mencegah penularan COVID-19," kata Kapolres Metro Bekasi Komisaris Besar Polisi Hendra Gunawan di Cikarang, Selasa.

Baca juga: Polres Metro Bekasi terima bantuan 3.000 masker

Hendra mengatakan pembagian masker ini sebenarnya sudah dilakukan pihaknya sejak Minggu (31/1), berlangsung serentak di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

"Sasarannya yakni area publik seperti pasar, terminal, maupun lokasi keramaian lainnya," katanya.

Sebelum ke Pasar Serang, kata dia, Polres Metro Bekasi sudah melakukan kegiatan serupa di Pasar Cibitung, Tambun, Terminal Kalijaya, serta Simpang Sentra Grosir Cikarang.

Baca juga: Petugas kepolisian Bekasi bagikan 1.000 masker ke warga Tambun

Hendra mengatakan pembagian masker secara massif kepada masyarakat ini melibatkan unsur Polri, TNI, serta Pemerintah Kabupaten Bekasi.

"Kegiatan ini bertujuan untuk menurunkan tingginya angka penyebaran virus corona. Hasil pantauan kami, para pedagang mulai kendur dalam memakai masker. Maka kita ingatkan lagi," ucapnya.

Selain membagikan masker, pihaknya juga memberikan edukasi penerapan protokol kesehatan 5M secara ketat yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas.

Baca juga: Cegah penularan COVID-19, Pemkab Bekasi akan jalankan 'Genggam'

"Mudah-mudahan COVID-19 ini segera berlalu, maka dari itu tetap terapkan 5M," katanya.

Hendra juga menyarankan agar para pedagang dapat memanfaatkan penggunaan teknologi dengan berjualan melalui aplikasi atau pesan layanan antar secara daring.

"Akan lebih bagus lagi dagangan ini dapat dipasarkan melalui aplikasi dan antar jemput online tanpa harus bersentuhan langsung," kata dia.(KR-PRA).
 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021