Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat yang telah menerima 19.600 vial vaksin Sinovac, mulai menjalankan program vaksinasi atau penyuntikan vaksin COVID-19 tahap pertama pada Jumat.

"Hari ini petugas mulai melakukan penyuntikan vaksin tahap pertama yang diawali oleh jajaran Forkopimda Karawang," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Karawang Fitra Hergyana, di Karawang, Jumat.

Baca juga: Jumlah pasien positif yang dirawat di Karawang bertambah 320 orang
Baca juga: Kabupaten Karawang sudah enam pekan masuk ke zona merah COVID-19

Ia mengatakan, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana tidak disuntik vaksin, karena sebelumnya pernah terpapar atau positif COVID-19. Sehingga pada tahap pertama vaksinasi, Sekda Karawang Acep Jamhuri yang disuntik vaksin beserta jajaran Forkopimda Karawang.

Selain itu, ada juga artis Vega Darwanti serta tokoh agama, tokoh masyarakat dan sejumlah tenaga kesehatan yang disuntik vaksin di kantor Pemkab Karawang.

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Karawang bertambah 118 jadi 7.688 orang

"Ibu bupati tidak divaksin karena keduanya pernah positif COVID-19, sehingga sudah mempunyai kekebalan alamiah dari tubuhnya," katanya yang menjelaskan telah menyiapkan 460 vaksinator.

Sementara itu, pada tahap pertama ini program vaksinasi digelar di 114 fasilitas kesehatan, yakni 50 Puskesmas, 24 rumah sakit, dan 40 klinik swasta.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2021