Batam (Antara Megapolitan) - Dua pulau terluar NKRI yang berada di wilayah Provinsi Kepulauan Riau cocok untuk dikembangkan sebagai kawasan pariwisata bahari karena memiliki pemandangan yang indah dan keunikan lainnya.

"Dua pulau terluar kita sangat cantik dan berpotensi untuk dikembangkan sebagai daerah pariwisata, yaitu Pulau Putri dan Pulau Mangkai," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri Guntur Sakti di Batam Kepulauan Riau, Sabtu.

Pulau Putri terletak di Kota Batam yang berhadapan dengan Selat Singapura dan Pulau Mangkai di Kabupaten Kepulauan Anambas berhadapan dengan Malaysia.

Pulau Putri di Kecamatan Nongsa, Batam, berpasir putih dengan garis pantai relatif panjang. Di perairan sekitar pulau itu juga terdapat terumbu karang yang sudah dimanfaatkan untuk wahana olahraga air snorkling.

Sedangkan perairan di sekitar Pulau Mangkai memiliki air yang jernih dan potensial untuk dikembangkan sebagai wahana snorkeling dengan keindahan bawah laut yang menakjubkan.

Di perairan itu juga sering terlihat kawanan lumba-lumba yang melintas sekitar Laut Tiongkok Selatan.

"Di sana juga bisa untuk wisata memancing," kata Guntur menambahkan.

Menurut Guntur, meski memiliki potensi wisata yang tinggi, namun Pulau Putri dan Pulau Mangkai belum dikembangkan maksimal, karena keduanya adalah kawasan perbatasan yang pengelolaannya diatur pemerintah pusat.

Ia sendiri masih enggan mengomentari dorongan pemerintah agar peluang investasi dibuka untuk dua pulau itu.

"Itu kawasan strategis," kata dia.

Mengenai rencana pemerintah pusat untuk membuka peluang investasi kepada pulau-pulau kecil, Guntur belum mau berkomentar banyak.

"Saya baru dengar, tapi kalau mau ngomong potensi pulau kecil. Kepri punya 2.408 pulau dan semuanya berpotensi untuk dikembangkan," kata dia.

Pewarta: Jannatun Naim

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015