Angka partisipasi jumlah pemilih pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga 2020 mencapai 73,26 persen atau naik 13,26 persen dari Pilkada 2015 sebesar 60 persen.

"Partisipasi ini berkat kerja keras semua pihak yang turut membantu KPU dalam sosialisasi, termasuk juga peran media yang sangat besar dan kami apresiasi semuanya," kata anggota KPU Purbalingga Andri Supriyanto di Purbalingga, Jawa Tengah, Selasa.

Andri Supriyanto menyebutkan angka partisipasi pemilih yang sebesar 73,26 persen tersebut telah melampaui target tingkat kabupaten sebesar 67 persen.

Ia mengatakan bahwa pihaknya pada hari Selasa telah melaksanakan Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga Tahun 2020.

"Hadir dalam rapat pleno hari ini, lima anggota KPU Kabupaten Purbalingga, Bawaslu, saksi dari paslon nomor urut 01 dan saksi paslon nomor urut 02, serta PPK se-Kabupaten Purbalingga," katanya.

Berdasarkan hasil akhir rekapitulasi tersebut diketahui bahwa pasangan calon nomor urut 02 Tiwi-Dono unggul atas pasangan calon nomor urut 01 Oji-Zeni.

Pasangan Oji-Zeni meraih suara 238.735 atau 45,26 persen, sedangkan pasangan Tiwi-Dono meraih 288.741 suara atau sebesar 54,74 persen.

"Rapat pleno rekapitulasi berjalan dengan lancar dan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat untuk mencegah penyebaran COVID-19," katanya.

Pada pilkada di Purbalingga diikuti pasangan Dyah Hayuning Pratiwi dan Sudono (Tiwi-Dono) yang diusung PDIP, Golkar, PAN, dan PKS, sedangkan pasangan Mohamad Sulhan Fauzi dan Zaini Makarim Supriatno (Oji-Zeni) diusung oleh PKB, Gerindra, NasDem, dan Demokrat. ***2***

Pewarta: Wuryanti Puspitasari

Editor : M Fikri Setiawan


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020