Karawang, (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah setempat menyatakan sulit meningkatkan indeks pembangunan manusia.

"Dari tahun ke tahun, pencapaian IPM (indeks pembangunan manusia) Karawang tidak terlalu menggembirakan," kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah setempat Samsuri, di Karawang, Kamis.

Menurut dia, sesuai dengan catatannya, selama empat tahun terakhir peningkatan IPM Karawang terbilang kecil. Pada 2011 capaian IPM Karawang mencapai 70,28.

Selanjutnya pada tahun 2012 meningkat menjadi 70,90 dan pada 2013 mencapai 71,56 serta pada 2014 IPM Karawang mencapai 71,98.

Ia menyatakan, sejak beberapa tahun terakhir hingga kini sebenarnya pemerintah daerah sudah berusaha untuk meningkatkan IPM.

Tetapi dalam pelaksanaannya diakui cukup sulit meningkatkan IPM tersebut. Dari tahun ke tahun dinyatakan peningkatan IPM di Karawang hanya nol sekian persen.

Meski demikian, kata dia, pemerintah daerah setempat akan terus berupaya meningkatkan IPM. Diantaranya dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mengembangkan bidang kesehatan, pendidikan, dan lain-lain.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015