Depok, (Antaranews Bogor) - Direktur Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia (DRPM UI), Mohammed Ali Berawi mengatakan peran industri kreatif yang terus meningkat bisa menjadi salah satu industri unggulan di Indonesia.

"Indonesia berpotensi menjadi negara maju yang ditopang oleh sektor industri kreatif unggulan. Sektor ini memiliki peran signifikan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan memperkuat daya saing," kata Ali Berawi di kampus UI Depok, Senin.

Ia mengatakan potensi sektor ini jelas memiliki peluang besar untuk terus dikembangkan bagi Indonesia. Tahun 2014 tercatat, sektor industri memberikan kontribusi sebesar 23,57 persen terhadap produk domestik bruto (PDB). Selain itu, industri juga menyerap tenaga kerja hingga 15,39 juta jiwa.

"Perluk langkah strategis yang bermuara pada kesejahteraan rakyat," katanya.

Namun katanya selama ini antara pemerintah, pelaku industri dan pakar industri kreatif masih terkesan berjalan sendiri-sendiri. Untuk itu diperlukan wadah yang mempertemukan semua pihak terkait sehingga tercetus arah kebijakan yang membawa industri kreatif menjadi unggulan.

Untuk itu pihaknya akan mempertemukan semua pihak terkait di sektor itu dalam satu forum khusus yaitu Seminar dan Diskusi Nasional: Kebijakan dan Langkah Strategis dalam Pengembangan Industri Unggulan Nasional.

Seminar akan diselenggarakan pada Selasa (24/2) di Balai Tirta Balairung UI, Depok. Akan hadir dalam seminar tersebut Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara, Kepala Badan Kordinator Penanaman Modal (BKPM), Franky Sibarani.

Selain itu akan hadir juga Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Baekraf) Triawan Munaf dan Direktur Jenderal Basis Industri Manufaktur, Harjanto serta pimpinan UI dan civitas akademika UI juga penggiat industri.

"Forum ini melakukan akselerasi pembangunan industri unggulan nasional yang berdaya saing. Dengan forum ini diharapkan dapat mengintegrasikan antara pelaku industri dengan pemerintah dan pihak terkait lainnya," ujarnya.

Dalam forum akan dibahas arah kebijakan, konsep hingga langkah strategis untuk membangun industri menjadi unggulan. Forum diskusi ini adalah yang pertama kali. Dan akan menjadi agenda rutin DRPM UI.

Dengan adanya forum seperti ini diharapkan permasalahan yang dihadapi bangsa bisa terpecahkan. Dan UI bisa menjadi wadah bagi semua stakeholder dalam membahas permasalahan bangsa hingga menentukan arah kebijakan. 

Pewarta: Feru Lantara

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015